Pengusaha Harus Sabar. Kemenkeu Tak Bisa Turunkan Tarif PPh Karena Alasan Ini

Di dalam revisi UU PPh dibahas soal tarif yang selama ini masih diperdebatkan untuk bisa turun agar bisa bersaing dengan tarif di negara lain di ASEAN

Pengusaha Harus Sabar. Kemenkeu Tak Bisa Turunkan Tarif PPh Karena Alasan Ini
TRIBUN BATAM/DEWI HARYATI
Kantor Pajak Pratama Batam Utara disesaki wajib pajak yang ingin melaporkan SPT PPh 2016, Kamis (30/3/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (BKF) Suahasil Nazara mengatakan, penurunan tarif PPh akan berimplikasi pada penurunan penerimaan negara.

Artinya, harapan pengusaha agar pemerintah menurunkan tarif pajak penghasilan (PPh) badan dan orang pribadi sepertinya masih susah terealisasi.

Suahasil mengatakan, pihaknya selalu melihat perubahan tarif memiliki implikasi pada penerimaan negara. Sehingga bila hal ini dipaksakan, akan berdampak serius pada kelangsungan penerimaan negara.

Apalagi saat ini, tingkat kepatuhan wajib pajak (WP) di Indonesia masih cenderung kecil. Bila terjadi penurunan tarif PPh badan, dia bilang, pendapatan saat ini tidak bisa menopang penerimaan pajak nantinya.

Kalau tarifnya lebih kecil, tentu penerimaan kecil, tetapi bisa saja compliance-nya besar, itu masih bisa mungkin, ujar Suahasil di Kemenko Perekonomian, Kamis (1/6/2017).

Seperti diketahui, rencana penurunan tarif PPh badan akan dimasukkan dalam rancangan undang-undang (RUU) PPh yang saat ini masih dirumuskan pemerintah. RUU ini ditargetkan untuk bisa disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelum tahun ini berakhir.

Di dalam revisi UU PPh tersebut, akan dibahas soal tarif yang selama ini masih diperdebatkan untuk bisa turun agar bisa bersaing dengan tarif di negara lain di ASEAN.

Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta adanya pengkajian untuk penurunan tarif PPh agar Indonesia bisa bersaing dengan negara lain di kawasan. Sebab sampai saat ini, tarif PPh badan di Indonesia masih mahal yakni 25%.

Baca: Jangan Coba-coba Lakukan Persekusi. Ini Ancaman Polisi

Baca: Alami Persekusi, Begini Kronologi Saat Fiera Lovita Diburu hingga Diteror Ormas

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved