Perangi Kejahatan Perbankan, BRI Gandeng Kejaksaan

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bekerja sama dengan Kejaksaan Republik Indonesia untuk menghadapi kejahatan perbankan.

Perangi Kejahatan Perbankan, BRI Gandeng Kejaksaan
Kontan/Baihaki
Seorang nasabah sedang berkonsultasi di BRI. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bekerja sama dengan Kejaksaan Republik Indonesia untuk menghadapi kejahatan perbankan.

Ini terjalin dalam penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama mengenai sinergi dalam bidang hukum terkait peningkatan layanan kepada masyarakat yang diselenggarakan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, (31/5/2017).

Nota Kesepahaman tersebut memuat kesepakatan untuk menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, di antaranya mendukung peningkatan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi, keterbukaan akses pertukaran data dan informasi.

Kemudian optimalisasi pemulihan asset asset perbankan, penanganan hukum bidang perdata dan tata usaha, serta peningkatan kapabilitas sumber daya manusia.

Baca: Oktober 2017, Pengguna Tol Wajib Bayar Pakai Uang Elektronik, Perbankan Pasang Target Ini

Baca: Butuh Makan, Driver Go-Jek Batam Terpaksa Lakukan Hal Ini

Baca: Driver Go-Jek Resah, Tukang Ojek Pangkalan Masih Lakukan Sweeping

Kerja sama ini merupakan langkah tindak lanjut sinergi dalam bidang hukum dan peningkatan transparansi transaksi perbankan di BRI. Melalui kerja sama ini nantinya BRI akan memperkuat pengawasan dalam berbagai aktivitas bisnisnya.

Khususnya dalam pengelolaan kredit dan penyelamatan berbagai aset negara dari debitur yang mangkir dalam menyelesaikan kewajibannya.

"Ini merupakan langkah strategis BRI sebagai salah satu perusahaan milik negara atau BUMN untuk bekerjasama dengan Kejaksaan Agung Republik Indonesia dalam menyelesaikan berbagai tantangan hukum dunia perbankan," imbuh Hari Siaga Amijarso, Sekretaris Perusahaan BRI.

Selain itu, kerangka kerja dari kerjasama ini nantinya akan meliputi kordinasi penegakan hukum tindak pidana khusus seperti korupsi, pencucian uang, dan tindakan pidana umum lainya dalam dunia perbankan. Pengelolaan informasi hukum dan risiko-risiko hukum dalam bisnis perbankan juga menjadi sorotan utama setelah kerjasama ini rampung. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kontan.co.id dengan judul : Tangkal kejahatan bank, BRI gandeng kejaksaan

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved