Persekusi Bisa Langsung Diproses Hukum, Ini Penjelasan Kapolri

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, meminta seluruh jajarannya untuk proaktif menindak tegas segala bentuk persekusi di berbagai daerah.

Persekusi Bisa Langsung Diproses Hukum, Ini Penjelasan Kapolri
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, meminta seluruh jajarannya untuk proaktif menindak tegas segala bentuk persekusi di berbagai daerah.

Sebab, kata Tito, persekusi merupakan pelanggaran hukum yang tak termasuk delik aduan. Tanpa adanya aduan masyarakat, polisi bisa langsung memproses secara hukum.

"Bisa. Bisa diproses hukum. Karena itu bukan delik aduan. Kalau polisi sendiri tahu, ya polisi akan kejar," ujar Tito saat menghadiri acara buka puasa bersama di rumah jabatan Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kompleks Widya Chandra, Jumat (2/6/2017).

Baca: Pemilik Laundry Ini Tawarkan Jasa Cuci Gratis Selama Ramadan. Syaratnya Gampang

Baca: Usianya Baru 22 Tahun, Mantan Sopir Ini Jadi Juragan Rental Mobil Beromset Ratusan Juta

Baca: HEBOH. Seorang Siswi SMP Nekat Gantung Diri. Diduga Karena Nilai UN Tak Sesuai Harapan

Karena itu, Tito mengapresiasi kinerja Polres Jakarta Timur yang dengan sigap menangkap pelaku persekusi tanpa adanya pelaporan terlebih dahulu.

"Seperti yang di Jakarta Timur, saya menyampaikan apresiasi kepada Kapolres, kepada Polda Metro Jaya yang bertindak dengan cepat yang kemudian melakukan langkah-langkah hukum," ujar Tito.

"Sebaliknya yang di Solok, saya sudah beberapa kali menegur Kapoldanya untuk melindungi warga dari tindakan persekusi," lanjut mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul : Kapolri: Persekusi Bukan Delik Aduan, Bisa Langsung Diproses Hukum

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help