Jangan Sepelekan Pelaporan DAK, Sekda Tegaskan Ini ke OPD Bintan. Nekat, Ini Risikonya!

Jangan Sepelekan Pelaporan DAK, Sekda Tegaskan Ini ke OPD Bintan. Ini alasannya!

Jangan Sepelekan Pelaporan DAK, Sekda Tegaskan Ini ke OPD Bintan. Nekat, Ini Risikonya!
tribunbatam/aminnudin
Sekda Bintan Prihantara

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretatris Daerah (Sekda) Bintan Adi Prihantara sangat menekankan kepada pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) untuk patuh dan tertib administrasi dalam menyusun laporan penggunaan dana alokasi khusus (DAK).

Baca: Sengketa The BCC Hotel, Sidang Praperadilan di PN Jaksel Pekan Depan

Baca: BREAKINGNEWS: Menyayat Hati! Inilah Curhat Istri Korban Penusukan di Masjid Agung Karimun!

Baca: Penjaga Masjid Tewas Ditusuk, Darah Safari Muncrat ke Dinding Masjid Agung Karimun

Jangan ada sikap menyepelekan penyusunan program tersebut apalagi. Kecepatan dan ketepatan serta kerapihan sangat penting.

Bila mengindahkan, bukan tak mungkin pusat nanti memberhentikan atau mengurangi jumlah DAK ke Bintan.

Peranan DAK saat vital bagi Bintan, apalagi di tengah kondisi keuangan yang serba terbatas. Banyak program pembangunan di Bintan harus mengandalkan DAK karena postur anggaran daerah sangat kecil.

“Penekanan itu dilakukan agar nantinya transfer dana selanjutnya tidak mengalami kendala. Jika sampai terjadi maka dana transfer dari pusat akan dihentikan dan program yang sudah berjalan mau tak may daerah yang harus menalangi dengan menggunakan APBD Daerah," kata Adi Prihantara.

DAK yang disalurkan pemerintah pusat ke Bintan meliputi beberapa bidang pembangunan. Diantaranya bidang kesehatan dan Keluarga Berencana (KB), bidang perumahan dan pemukiman, bidang sanitasi, bidang pasar, bidang kelautan dan perikanan, bidang pariwisata dan bidang pertanian. “Kesemuanya sudah dalam proses pelaksanaan melalui e-katalog dan ada juga yang secara fisik telah selesai dikerjakan,"kata Adi.

Adi berharap, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) bisa menyelesaikan penyusunan laporan program DAK sesuai dengan jadwal. Bila semua makin cepat dan rapih, Adi menjamin jumlah dana transferan pusat nilainya makin meningkat.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved