Senin Siang Ini Amien Rais Akan Datang ke KPK. Ini Tujuannya

Politisi PAN Dradjad Wibowo mengatakan Amien Rais akan datang ke KPK, namun dia belum bisa pukul berapa Amien akan datang

Senin Siang Ini Amien Rais Akan Datang ke KPK. Ini Tujuannya
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menggelar jumpa pers terkait uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kediamannya di Taman Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). Dalam keterangan persnya, Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu dia mengaku menerima bantuan dana operasional dari Soetrisno Bachir, mantan Ketua Umum DPP PAN. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, berencana menemui Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di gedung KPK, Jakarta, pada Senin (5/6/2017).

Politisi PAN Dradjad Wibowo mengatakan Amien Rais akan datang ke KPK, namun dia belum bisa pukul berapa Amien akan datang karena masih menunggu kepastian dari pihak KPK.

"Sesuai rencana awal, pak Amien Rais akan datang sebelum dzhuhur, tapi kami masih menunggu keterangan dari pihak KPK dulu," ujar Dradjad saat dihubungi, Senin (5/6/2017).

Dradjad menuturkan, Amien Rais akan memberikan keterangan soal penyebutan namanya dalam sidang dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan yang menjerat mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari.

Menurut Dia, keterangan dari Amien Rais harus didengar oleh KPK sebab nama Amien Rais disebut di persidangan tanpa ada keterangan dari yang bersangkutan.

Oleh karena itu, dia berharap pimpinan KPK bisa bertemu dan mendengarkan keterangan Amien Rais secara langsung.

"Tentu beliau sangat menghormati KPK, karena itu pihak tuan rumah juga harus menghormati Pak Amien Rais," tutur Dradjad.

Sebelummya, nama Amien disebut dalam persidangan terhadap terdakwa mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Menurut jaksa, berdasarkan fakta persidangan, Amien Rais menerima enam kali pemberian uang yang jumlah totalnya sebesar Rp 600 juta.

Uang tersebut berasal dari keuntungan perusahaan swasta yang ditunjuk langsung oleh Siti Fadilah untuk menangani proyek pengadaan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan.(*)

* Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul Siang Ini, Amien Rais Temui KPK Jelaskan Aliran Dana Proyek Alkes

Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved