Sebaiknya Anda Tahu

Mau Cari Durian di Jakarta Saat Subuh? Ini Tempat Durian Buka 24 Jam

Mau Cari Durian di Jakarta Saat Subuh? Ini Tempat Durian Buka 24 Jam. Jangan sampai kesasar ya!

Mau Cari Durian di Jakarta Saat Subuh? Ini Tempat Durian Buka 24 Jam
Kompas.com/Silvita Agmasari
Sentra durian di Kalibata, Jakarta Selatan 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Tak ada aturan untuk saat yang tepat makan durian. Buah berduri dengan daging yang manis legit ini dapat disantap sepanjang hari.

Kabar baik jika ingin menyantap durian di waktu yang tak biasa, sentra durian di daerah Kalibata, Jakarta Selatan menjadi destinasi yang tepat.

Baca: Heboh! Anggota Polisi Kiritis Setelah Tembak Telinga Sendiri, Inikah Pemicunya?

Baca: Inilah Etika Para Penjual Durian, Jangan Kaget Dengan Kebiasaan Mereka!

"Di sini (sentra durian Kalibata) buka 24 jam, seminggu tujuh hari penuh. Tanggal merah juga buka, nggak ada liburnya," kata penjual durian di Sentra Durian Kalibata, Ata, Selasa (11/4/2017).

Ada 30 pedagang durian yang memiliki gerai di Sentra Durian Kalibata. Dari dulu daerah Kalibata memang terkenal dengan penjaja durian kaki lima.

Tahun 2016 awal, tepatnya di bulan Februari para pedagang durian Kalibata mendapat tempat yang lebih layak dengan gerai permanen yang dibangun oleh Pemkot Jakarta Selatan dan CSR perusahaan.

"Alhamduilah tempat baru jauh lebih enak, kalau tamu juga lebih enak ada tempat yang layak. Hujan jadi tak kehujanan," kata penjual durian di Sentra Durian Kalibata, Diroh.

Sebelum diberi bangunan permanen, menurut Ata yang telah berjualan durian di Kalibata sejak tahun 1981, pengunjung harus makan durian seadanya tanpa meja makan dan atap terbuka.

"Kadang yang ngegeletak aja gitu di jalan durennya. Kalau begini kan sama-sama enak pembeli dan penjualnya," kata Ata.

Adanya bangunan yang permanen, menurut Ata, penjualan juga semakin meningkat.

Saat KompasTravel berkunjung pukul 14.00, Sentra Durian Kalibata telah ramai pengunjung. Menurut Ata waktu pengunjung paling padat adalah pukul 16.00-21.00 dan pada akhir pekan.

Meski memiliki tempat makan yang nyaman, nyatanya Sentra Durian Kalibata tak memiliki tempat parkir yang layak. Pengunjung hanya dapat memarkir kendaraan di tepi jalan, yang mana jika pengunjug padat parkiran akan semakin sulit. Alternatifnya adalah dengan memarkir di sentra kuliner tepat sebelum Sentra Durian Kalibata.

Buah durian di Sentra Kalibata Durian terdiri dari berbagai jenis, tergantung musim. Uniknya semua gerai memiliki jenis durian yang sama karena menurut Ata hanya ada dua orang pemasok gerai durian. Sentra Durian Kalibata menjadi jawaban yang ingin makan durian 24 jam bahkan sepanjang tahun. (*)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cari Durian di Jakarta Saat Subuh? Tempat Ini Buka 24 Jam

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help