BATAM TERKINI

Terima Dana Bos dan Insentif, Sekolah Swasta Diminta Dukung Sekolah Gratis Anak Tak Mampu

Menjelang tahun ajaran baru, ketersediaan kursi masih jadi masalah. Sebab, sekolah negeri hanya mampu menampung 50% lebih dari calon anak didik baru.

Terima Dana Bos dan Insentif, Sekolah Swasta Diminta Dukung Sekolah Gratis Anak Tak Mampu
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Sejumlah orang tua mendaftarkan anak mereka di hari pertama penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SD Negeri 02 Batam Kota, Sungai Panas, Senin (20/6). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM,BATAM - DPRD Kota Batam berharap Pemko Batam segera menggandeng sekolah-sekolah swasta di Batam untuk ikut serta dan berkontribusi memberikan layanan sekolah gratis bagi anak tidak mampu.

Hal ini terlihat dari terbitnya peraturan baru Permendikbud nomor 17 tahun 2017 yang mengatur tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan kurangnya daya tampung untuk sekolah negeri yang hanya memenuhi 50 persen dari calon siswa baru tahun ini.

Serta agar sekolah-sekolah unggulan yang ada di Kota Batam tidak berbaur menjadi satu paket dengan sekolah-sekolah negeri pada umumnya.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman mengaku pernah melakukan rapat dengar pendapat (hearing) bersama Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kota.

Dari hasil rapat tersebut, sekolah negeri yang ada di Kabupaten/Kota hanya bisa menampung 50 persen dari calon siswa baru.

Baca: Sebelum Kecelakaan, Sopir Avanza Mengaku Lihat Ini di Tengah Jalan

Baca: Kaget Lihat Avanza Ringsek, Dua Wanita Ini Jatuh Dari Motor

Baca: Melaju Kencang, Mobil Avanza Oleng dan Hantam Pohon. Mobil Ringsek, Penumpang Terjepit

"Kemarin sudah pernah kita meminta untuk menjabarkan tentang berapa calon anak didik nanti yang akan ke tingkat SD, SMP, dan SMA. Walaupun SMA kan sekarang sudah menjadi domainnya provinsi cuma datanya masih kita gambarkan kemarin," ujar Aman

"Faktanya ternyata memang hanya mampu menampung 50% lebih dari calon anak didik untuk sekolah negeri," katanya

Aman juga menuturkan, kalau calon anak didik baru digabung dengan swasta, sebenarnya secara keseluruhan semuanya bisa ditampung. Cuma persoalannya adalah, orang tua siswa hanya ingin memasukkan anaknya sekolah ke negeri. inilah yang menjadi persoalan.

"Ada beberapa solusi, Pemerintah kota Batam sudah bekerja sama dengan sekolah-sekolah swasta, dukungan sudah kita lakukan juga seperti dana boss, guru-guru di swasta juga sudah dapat isentif dari pemerintah Kota 1 juta per bulan. Artinya swasta ini harus memberikan kontribusi juga, bagi anak-anak yang tidak mampu agar digratiskan sekolahnya atau mengurangi dari sisi bayarannya. itu langka yang harus segera dilakukan," katanya

"Memang kalau hanya mengandalkan pembangunan fisik setiap tahunnya, ini pasti tidak bisa dikejar dan memakan waktu lama sedangkan ini sudah PPDB sudah mulai diterpakan," ujar Aman

"Tidak hanya Pemerintah Kota saja, kita juga berharap pihak swasta juga bisa memberikan kontribusi terhadap pendidikan yang ada di Kota Batam. Kalaupunlah tidak gratis, setidaknya biaya sekolah bisa dikurangi bagi anak yang kurang mampu," tambahnya. (*)

Penulis: Efendi Wardoyo
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help