Agar Tak Tertipu Beli Gas Elpiji, Ini Tips Aman Penipuan Dari Disperindag Bintan!

Lakukan Ini Agar Tak Tertipu Beli Gas Elpiji, Ini Tips Aman Penipuan Dari Disperindag Bintan!

Agar Tak Tertipu Beli Gas Elpiji, Ini Tips Aman Penipuan Dari Disperindag Bintan!
tribunbatam/aminnudin
Ilustrasi. Suasana pengantaran elpiji di pelabuhan di Bintan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Konsumsi elpiji 3 kilogram yang terus meningkat di Bintan selain berpotensi menaikan besaran subsidi selama ini juga berpotensi meningkatkan tingkat kecurangan di tingkat distribusi.

Kecurangan dalam hal ini seperti pengoplosan yang kerap dicurugai terjadi. Maka itu pangkalan kembali ditegaskan wajib memiliki timbangan.

Baca: Terungkap! Inilah Jawaban di Balik Misteri Kebiasaan Presiden Soekarno Pakai Peci Miring!

Baca: Heboh! Wanita Ini Kelabui Suami Buka Prostitusi Online, Pelanggannya PNS. Ini Tarifnya!

Baca: Ketiga Pelaku Sama-sama Tanpa Benang, Polisi Gerebek Pesta Seks Threesome di Kos-kosan Mewah

Khusus timbangan sangat ditekankan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Bintan. Diskoperindag melalui PPNS Setia Kurniawan mengatakan, setiap pangkalan sudah sejak awal memutuskan menjadi pelaku pangkalan memiliki timbangan untuk memastikan elpiji yang diterima konsumennya tepat. "Itu wajib, demi memastikan masyarakat selaku konsumen tidak dirugikan,"ujar Setia, Kamis (8/6) kepada Tribun.

Konsumen juga disarankan selalu meminta kepada pangakalan agar tabung gas yang dibeli ditimbang dulu sebelum sampai di tangan. Cara ini penting demi menghindari aksi spekulasi dan praktek curang pangkalan yang tidak bertanggung jawab. "Jadi, pangkalan dan konsumen sama sama enak, sama sama tidak saling menduga duga begitu gas dipakai,"ujar Setia.

Pangkalan yang tidak memiliki timbangan, dapat kena sanksi. Salah satunya penutupan operasi sebagai pangkalan.

Perlu diketahui, melihat ukuran berat tabung gas tidak dengan indikatior pada legulator gas. Pasalnya indikator pada regukator gas bukan menjadi standar acuan untuk mengetahui apakah tabung gas tersebut sesuai atau tidak beratnya.

Perlu diketahui, berat gas 3 kg yang terisi penuh diperkirakan sekitar 8 g. Berat tabung sendiri 5 kg, isi gas 3 kg. Nah, untuk mengukur dan menakar ketepatan isi tabung gas perlu timbangan khusus itu.

Diskoperindag sudah memerintahkan kepada seluruh pangkalan gas agar meyediakan timbangan sebagai satuan alat ukur.

” Wajib ada setiap pangkalan, biar masyarakat sendiri yang nimbang.Tabung yang sudah terisi gas beratnya 8 Kg, dengan rincian tabung gas kosong beratnya 5 Kilo kemudian diisi gas beratnya 3 kilo. Nah kalau ditimbang beratnya menjadi 8 Kilo,”kata Iwan. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved