Selama Perjalanan Mudik, Pastikan Kondisi Kabin Mobil Nyaman. Begini Cara Jaga Kebersihannya

Berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi mobil? Jangan lewatkan tips menjaga kebersihan kabin kendaraan Anda selama perjalanan mudik.

Selama Perjalanan Mudik, Pastikan Kondisi Kabin Mobil Nyaman. Begini Cara Jaga Kebersihannya
IDEA ONLINE
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi mobil? Selain persiapan bekal yang cukup untuk di perjalanan, kondisi kendaraan harus dipastikan prima. Tak hanya mesinnya saja tapi juga menjaga kenyamanan di dalam kabin.

Itu karena setiap pengendara mobil pastilah mengharapkan mobil selalu dalam keadaan bersih walaupun sudah melalui perjalanan yang panjang.

Nah, berikut ini cara jitu untuk menjaga kendaraan Anda tetap bersih.

Bersihkan terlebih dahulu

Mobil Anda sebaiknya dicuci bagian interior dan eksteriornya sebelum dipakai menempuh jarak yang cukup jauh. Ini menjadi sangat penting jika mobil Anda tidak hanya sekadar untuk berkendara, tetapi juga sebagai tempat penyimpanan barang-barang penghilang bosan selama di perjalanan seperti camilan, buku-buku dan mainan si kecil.

Simpan beberapa alat pembersih

Sebelum Anda memulai perjalanan mudik, pastikan Anda sudah memiliki barang-barang kebersihan untuk menjaga mobil tetap bersih dan rapi selama perjalanan. Anda bisa sediakan tempat sampah kecil untuk mengumpulkan sampah sisa makanan camilan Anda. Sediakan pula tisu desinfektan dan tisu basah untuk membersihkan tumpahan dan menyeka tangan yang lengket akibat makanan.

Beri batasan

Sangat tidak mungkin untuk melarang adanya makanan di dalam mobil, apalagi jika Anda memiliki banyak anak kecil. Sekalipun Anda membawa tisu basah, bukan berarti hal ini bisa menghilangkan noda yang tanpa sengaja jatuh ke jok mobil. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah beri batasan kepada anak Anda makanan dan minuman apa saja yang boleh dibawa selama mudik. Hindari makanan yang memerlukan sambal dan tambahan bumbu.

Buang segala "kekacauan"

Sampah dan "kekacuan" dapat dengan mudah terjadi di ruang yang kecil sehingga membersihkan mobil saat ada waktu senggang patut dilakukan. Anda bisa membuang "kekacauan" yang terjadi setiap kali berhenti untuk isi bensin, makan siang atau saat berhenti istirahat. Untuk menjaga hal-hal menjadi efisien, simpan semua perlengkapan perjalanan Anda di dalam tas ritsleting sehingga mudah dibuka dan ditutup.

Buat perjalanan mudik Anda menjadi menyenangkan dengan kondisi mobil yang bersih dan rapi. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Idea.grid.id dengan judul :  Cara Jitu Menjaga Kendaraan Tetap Bersih Selama Dipakai Mudik

Tags
mobil
Mudik
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved