Inspirasi Hunian

Tak harus Baru dan Mahal, Begini Trik Dekorasi Ruangan dengan Dana Terbatas

Menata ulang ruangan dalam hunian tak selalu membutuhkan dana besar. Dengan sedikit trik, ruangan bisa tampil baru meskipun dengan dana terbatas.

Tak harus Baru dan Mahal, Begini Trik Dekorasi Ruangan dengan Dana Terbatas
IDEA ONLINE

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Hari raya Lebaran makin dekat. Banyak orang yang telah mempersiapkan diri untuk menyambut Lebaran. Termasuk menata ulang hunian. Semua ruangan di rumah dihias agar tampil cantik.

Ruang-ruang yang terlihat cantik tidak selamanya berisi barang-barang bagus dan mahal.

Sebagian besar pemiliknya hanya sukses menata barang-barang di dalamnya agar tampak lebih enak dipandang.

Dengan memanfaatkan benda yang sudah ada, hampir tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk dekorasi ini. Hemat banget, kan?

Jika terpaksa membeli baru, bisa berupa aksesori yang sifatnya musiman, misalnya hiasan berbentuk ketupat dalam rangka Idul Fitri. Ini pun dapat digunakan lagi tahun depan.

Baca: Bisa Dicontek! Variasi Koral Bikin Tampilan Taman Makin Cantik

Baca: Selama Perjalanan Mudik, Pastikan Kondisi Kabin Mobil Nyaman. Begini Cara Jaga Kebersihannya

Baca: Sup Ikan Kuah Sayuran, Disantap Hangat Pas Untuk Berbuka Puasa

Agar tatanan ini tampak seperti dekorasi yang disengaja, dan bukan malah dianggap barang berantakan, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan mana benda yang menjadi “bintang”. Biasanya yang menjadi pusat perhatian adalah benda yang ukurannya besar atau warnanya mencolok.

2. Buat tema yang mengaitkan semua benda dalam kelompoknya. Misalnya, tema laut, alam, atau travel. Bisa juga sebuah warna dipilih sebagai “pengikat” benda-benda tersebut.

3. Variasikan ketinggian benda agar tidak monoton. Pernik kecil dapat diletakkan di atas tumpukan buku atau kotak agar tampil lebih tinggi.

4. Ciptakan layer atau lapisan. Pilih mana benda yang berfungsi sebagai latar belakang, tengah, atau paling depan. Pastikan benda-benda itu tidak saling menutupi.

5. Tempatkan benda-benda itu berdekatan, jika perlu ada yang bersentuhan. Jika letaknya terlalu tersebar, akan timbul kesan berantakan.(*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Idea.grid.id dengan judul : Dekorasi Lebaran Hemat: Menata Ulang Aksesori Lama

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved