BATAM TERKINI

TERUNGKAP. Ini Alasan BP Batam Hanya Serahkan Separuh TPA Telaga Punggur ke Pemko

Robert mengaku, prinsipnya BP Batam mendukung Pemko Batam, agar bisa mengelola sampah secara efisien dan efektif sehingga Batam terbebas dari sampah.

TERUNGKAP. Ini Alasan BP Batam Hanya Serahkan Separuh TPA Telaga Punggur ke Pemko
Tribunnews batam/hadi maulana
Sebanyak 12 ton sayarun impor dari Tiongkok dimusnakan di TPA Telaga Punggur, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Sayuran ini ditemukan bakteri e.Coli diatas ambang maksimum residu. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Deputi IV BP Batam, Robert Purba M Sianipar menjawab pertanyaan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, soal rencana peralihan tiga aset BP Batam ke Pemko Batam yang dinilai masih mengganjal.

Ketiga aset tersebut antara lain Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Masjid Raya Batam dan Pasar Induk Jodoh.

Untuk aset Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Robert mengatakan, pada prinsipnya BP Batam mendukung Pemko Batam, agar bisa mengelola sampah secara efisien dan efektif. Batam terbebas dari sampah.

Dari lahan TPA seluas lebih kurang 46,8 hektare, secara tertulis BP Batam memang hanya menyerahkan separuhnya yakni lahan yang dikelola Pemko saat ini.

Itu karena, separuh lahan lagi rencananya akan digunakan untuk pengelolaan sampah berkonsep industri hijau.

Baca: Setelah Ada Satgas Mafia Pangan, Harga Tiga Komoditas Ini Tak Pernah Lebihi HET

Baca: Baru Ada Satu Tempat, Gagas Energi Berencana Tambah SPBG di Batam

Baca: Ajukan 400 Unit, Hanya 40 Mobil yang Terima Konverter Kit Gratis

"Selain sampah domestik yang menggunakan sistem sanitary landfill, kan ada juga sampah industri yang beracun. Kami akan menggunakan lahan di TPA itu jadi green industry. Untuk kelola sampah juga, dari yang berbahaya menjadi tidak berbahaya," kata Robert di ruang kerjanya, Rabu (7/6/2017).

Soal rencana itu, Robert mengatakan pihaknya sudah menyampaikan kepada Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin. Dalam waktu dekat, tim teknis antar kedua instansi itu juga akan bertemu untuk mencari solusi bersama.

"Minggu ini tim teknis bertemu untuk mencapai kesepakatan, baiknya kedepan seperti apa," ujar dia.

Jika nantinya Pemko Batam tetap ingin mengelola lahan TPA Telaga Punggur secara keseluruhan, Robert tak mempermasalahkan. Asalkan Pemko Batam bisa bertanggungjawab terhadap aset yang diserahkan.

"Soal pengelolaan aset inikan, tergantung manajemen dan leadership lagi," kata Robert. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved