Setelah Siti Fadilah Divonis, KPK Bakal Usut Aliran Dana ke Amien Rais

Pengusutan tersebut tidak bisa dilakukan, selama proses persidangan pada terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari masih berjalan.

Setelah Siti Fadilah Divonis, KPK Bakal Usut Aliran Dana ke Amien Rais
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menggelar jumpa pers terkait uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kediamannya di Taman Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). Dalam keterangan persnya, Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu dia mengaku menerima bantuan dana operasional dari Soetrisno Bachir, mantan Ketua Umum DPP PAN. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengusut dugaan aliran dana korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) sebesar Rp 600 juta yang diterima oleh Amien Rais.

Pengusutan tersebut tidak bisa dilakukan, selama proses persidangan pada terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari masih berjalan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

"Masih harus menunggu putusan. Kami tidak bisa memeriksa saksi-saksi ataupun pihak lain. Jadi kami masih tunggu putusan hakim untuk hal ini," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2017).

Baca: Beberkan Kerjaan KPK, Pimpinan KPK Nge-Tweet dengan Tagar #ceritaKPK

Baca: Kembalikan Rp 1,35 Miliar ke KPK, Siti Fadilah Tolak Disebut Terima Suap

Baca: ALAMAK. Angin Tornado Bergulung di Belakangnya, Pria Ini Cuek Potong Rumput

Siti Fadilah Supari bakal menghadapi vonis hakim Pengadilan Tipikor pada Jumat (16/6/2017) pekan depan.

Sebelumnya, ia dituntut enam tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Dalam tuntutan Siti Fadilah, jaksa KPK menyebut Amien Rais sebagai salah satu pihak yang menerima aliran dana.

Amien Rais menerima aliran dana melalui rekening Soetrisno Bachir Foundation (SBF) milik Soetrisno Bachir.

‎"Aliran dana itu penting untuk membuktikan rangkaian perkara ini secara keseluruhan. Kami harus menunggu putusan pengadilan, baru bisa bicara banyak tentang perkara ini," ungkap Febri. (*)

**Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Wartakota dengan judul: KPK Usut Aliran Dana ke Amien Rais Setelah Siti Fadilah Supari Divonis

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help