Mendadak di Anambas Banjir Baliho Bergambar Kades dan Rincian Anggaran Desa. Ada Apa?

Mendadak di Anambas Banjir Baliho Bergambar Kades dan Rincian Anggaran Desa. Ada Apa? Begini Reaksi Warga

Mendadak di Anambas Banjir Baliho Bergambar Kades dan Rincian Anggaran Desa. Ada Apa?
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Baliho Desa di Anambas 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-‎Ada yang nampak berbeda pada sejumlah desa di Anambas. Foto sejumlah kepala desa tampak terpajang di baleho yang ada di desa mereka. Bukan untuk mencalonkan diri kembali sebagai Kepala Desa, namun pemasangan foto ini dilakukan bersamaan dengan rincian dana desa yang mereka kelola.

Baca: Perampokan Merajalela! Kawanan Garong Pakai Senpi, Tak Segan Sandera Anak Korban!

Baca: Mengejutkan! Inilah Tanda-tanda Makanan Anda Mengandung Formalin dan Boraks!

Kepala bidang bina pemerintahan desa Awaluddin Makrifatullah yang ditemui mengatakan, pemasangan baleho ini ‎dilakukan sesuai instruksi dari Menteri Desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Ini dilakukan sebagai bentuk transparansi akan penggunaan dan pengelolaan dana pada tiap-tiap desa.

"Intinya transparansi, sehingga masyarakat bisa tahu dan sama-sama mengawasi. Dari desa pun tidak bisa bermain," ujarnya Senin (12/6/2017).

‎Meski terbilang baru dilakukan dibandingkan dengan sejumlah desa lain di Pulau Jawa, namun pemasangan baleho ini diklaim telah dipasang oleh mayoritas desa di Anambas. Tidak hanya melampirkan rincian dana desa, dalam baleho tersebut juga dilampirkan mengenai realisasi dana desa yang telah diserap.

"Untuk kegiatan di desa pun juga begitu. Jadi menggunakan papan plang seperti di kabupaten. Misalnya pembangunan jalan, ada papan plangnya," ungkapnya.

Awaluddin mengatakan, ukuran baleho ‎diakuinya tidak ditetapkan. Hanya saja, disesuaikan dengan kondisi anggaran desa dalam APBDes. Pemasangan baleho ini pun, diakuinya bakal dilakukan secara berkelanjutan.

"Jadi tidak hanya pada tahun ini saja. Soal aparatur desa yang belum memasang, kalau tidak salah saya ada sanksinya. Mulai dari sanksi administrasi, sampai kepada teguran. Karena ini instruksi Menteri langsung. Sejauh ini 52 desa yang ada kooperatif ‎serta mau memasang baleho itu," bebernya.(*)

Berita terkait baca Harian Tribun Batam edisi Selasa (13/6/2017)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help