TribunBatam/

Misteri Wagub Kepri

Pansus Wagub Klaim Masukan Tokoh Membantu, Segera Sowan Mendagri. Inikah Isinya?

Pansus pengisian Wagub Kepri segera sowan ke Mendagri usai mendengarkan masukan sejumlah tokoh Kepri. Hasil akhir diserahkan ke DPRD Kepri!

Pansus Wagub Klaim Masukan Tokoh Membantu, Segera Sowan Mendagri. Inikah Isinya?
Istimewa
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG-Pertemuan antara panitia khusus pemilihan wakil gubernur (Pansus Pilwagub) Kepri dengan sejumlah tokoh masyarakat di Kepri di Kantor DPRD Kepri Pulau Dompak Tanjungpinang, Senin (12/6) siang mencuatkan secara terang benderang mekanisme pemilihan orang nomor dua di Kepri.

Baca: Menyayat Hati! Tangisan Bayi Ririn Ekawati Ketika Didekatkan dengan Jenazah Sang Ayah

Baca: Disindir OTT Bengkulu Recehan oleh Dua Jaksa, KPK-Kejaksaan Agung Memanas?

Ketua Pansus Pilwagub Kepri, Surya Makmur Nasution mengatakan, pada pertemuan tersebut, Pansus mendapat banyak masukan dari para tokoh masyarakat tersebut terkait Pilwagub Kepri.

"Ada banyak masukan yang disampaikan. Mereka menghendaki supaya ada Wagub Kepri. Pada intinya semua menghendaki agar Pansus ini bekerja sebaiknya dan jangan gagal," ungkap Surya kepada Tribun seusai memimpin pertemuan itu.

Surya kemudian memaparkan secara terbuka tahapan demi tahapan Pilwagub kepada tokoh-tokoh yang hadir dalam pertemuan itu. Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh masyarakat mengetahui bahwa kerja Pansus bersifat transparan, cepat, sederhana dan bisa langsung dirasakan masyarakat.

"Kami sudah melewati tahap pertama, rapat paripurna pembentukan Pansus Pilwagub Kepri," ungkap Surya.

Dia menjelaskan, setelah dibentuk, Pansus langsung bekerja menyusun tata tertib (Tatib) pemilihan. Pekan depan Pansus akan berkonsultasi dengan mendagri RI tentang mekanisme yang dituangkan dalam Tatib yang disusunnya.

Kalau Mendagri RI menyetujui mekanisme pemilihan dalam tatib tersebut maka Pansus akan menyapaikan hasil kerjanya itu kepada anggota DPRD Kepri pada sebuah rapat paripurna.

"Setelah rapat paripurna, Pansus akan membentuk panitia pemilihan (Panlih). Jika surat keputusan (SK) pembentukan Panlih sudah ditandantangi oleh pemimpin DPRD Kepri, barulah Pansus menyerahkan segala dokumen seputar pemilihan kepada Panlih. Dokumen itu berupa Tatib, calon-calon yang diajukan dan lain-lain," ungkap Surya.

Panlih kemudian mengerjakan tugasnya memverifikasi dokumen-dokumen yang diterima dari Pansus. Setelah semua dokumen lolos diverfikasi, Panlih kemudian menetapkan calon tetap. Panlih juga melaporkan kepada Pansus dan meminta dijadwalkan rapat paripurna istimewa.

Pada rapat paripurna istimewa ini, setiap calon akan menyampaikan pokok pikiran sebagai Cawagub Kepri atas visi dan misi gubernur Kepri. "Setiap calon harus menyampaikan pokok pikiran atas visi dan misi gubernur Kepri dan bukan visi dan misinya. Rapat paripurna ini dibuat istimewa supaya tidak ada interupsi," ungkap Surya.

Tahap selanjutnya adalah pemilihan CAwagub Kepri. Dari pemilihan tersebut bisa diketahui siapa calon yang menang dan kalah dalam Pilwagub Kepri tersebut.(*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help