TribunBatam/

Mustika Rasa

Ayam Goreng Remaja Semarang, Gurihnya Ayam Dimasak Air Kelapa

Ayam goreng remaja semarang mempunyai rasa yang gurih, manis dan tekstur daging yang lebih renyah serta empuk saat dimakan.

Ayam Goreng Remaja Semarang, Gurihnya Ayam Dimasak Air Kelapa
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

SIAPA sih yang tidak kenal dengan menu ayam goreng? Tapi, ayam goreng remaja Semarang yang disajikan di Alamak Kopitiam Batam punya kekhasan rasa yang berbeda dari sajian sejenis di tempat lain.

"Ayam goreng ini asli dari Semarang yang sudah ada sejak tahun 1989. Dan ayam goreng ini mempunyai rasa yang berbeda dari yang lain," ungkap Madya, General Manager di Alamak Kopitiam, Selasa (13/6/2017).

Ayam goreng remaja semarang mempunyai rasa yang gurih, manis dan tekstur daging yang lebih renyah serta empuk saat dimakan. Bahkan ayam goreng ini juga terasa nikmat saat disantab barengan dengan sambal terasi, sayur asam, lalapan bersama dengan tahu tempenya.

Ayam goreng remaja Semarang dapat dipesan dalam satu paket yang di dalamnya sudah termasuk es teh. Selain paket ayam goreng, ada pula paket lele goreng, dan paket ayam bakar.
Harga paket ayam ini dibandrol Rp15 ribu.

Selain itu, di stand Alamak terdapat pula stand Sky Seafood yang menjual aneka makanan olahan laut, seperti ikan asam pedas. Asam pedasnya menggunakan potongan buah nanas, tomat segar, serta ikan yang masih segar pula.

Tidak hanya rasa asam dan pedas yang menonjol, tetapi potongan nenasnya juga terasa manis.
Pengunjung juga bisa memilih sendiri jenis ikan yang diminati seperti lebam, ikan putih, ikan bawal mas, dan ikan selar.

Tidak hanya dimasak asam pedas, beragam jenis ikan itu juga bisa diolah menjadi sup, dibakar, dan lainnya. Selain ikan, pastinya ada menu seafood lain di antaranya kepiting dan udang.

Untuk makanan seafood, harganya mulai dari Rp20 ribu sampai Rp99 ribu. Alamak Kopitiam berada di lantai dasar Vanilla Hotel, Penuin, Batam. Setiap hari dibuka dari pukul 10.00 - 22.00 WIB.
Pembaca yang ingin memasak sendiri ayam goreng remaja Semarang di rumah, bisa mengikuti resep dari Madya.

Bahan:
200 gram ayam bagian paha atau dada
100 ml air kelapa muda
100 ml air
1 lembar daun salam

Bahan Bumbu:
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1/4 butir kemiri
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt ketumbar
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Haluskan semua bahan bumbu hingga halus. Setelah halus, balurkan bumbu ke daging ayam hingga merata.
2. Siapkan sebuah panci, masukkan ayam yang sudah dibumbui ke dalamnya bersama air kelapa, air biasa, dan daun salam.
3. Masak hingga air mengering dengan api kecil. Setelah matang, tiriskan dan sisihkan
4. Panaskan minyak goreng, bisa pula gunakan minyak kelapa agar lebih renyah. Setelah minyak makan panas, goreng ayam hingga berwarna kecokelatan atau bisa sesuai selera. Angkat, tiriskan
5. Sajikan dengan nasi hangat, tempe tahu, lalapan, dan sambal terasi. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help