Inspirasi Hunian

Dinding Kotor Kena Noda Bekas Banjir, Begini Caranya Biar Kembali Kinclong

Bagi yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi dan mengakibatkan banjir, biasanya masalah terbesar adalah munculnya jejak kotoran pada dinding.

Dinding Kotor Kena Noda Bekas Banjir, Begini Caranya Biar Kembali Kinclong
IDEA ONLINE
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Menjelang datangnya Lebaran, biasanya umat muslim akan bersih-bersih rumah atau bahkan melakukan renovasi agar rumahnya tampil maksimal menyambut tamu.

Bagi yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi dan mengakibatkan genangan air, biasanya masalah terbesar tampilan rumah adalah munculnya jejak kotoran bekas genangan air. 

Hasilnya, muncul “jejak” sisa genangan air kotor yang bercampur sampah dan limbah.

Bekas kotoran yang membandel pun menjadi sulit diatasi. Mengelap dengan kain basah pun malah membuat dinding menjadi tambah kotor dan membuat cat rusak.

Mau tak mau, perbaikan lapisan cat harus dilakukan menyeluruh. Bila noda membandel menimpa dinding rumah Anda, ikuti 4 langkah pengecatan ulang paska banjir ini, supaya dinding rumah Anda kembali tampil menawan.

1. Bersihkan dan Keringkan Dinding

Sebelum melakukan pengecatan ulang, bersihkan permukaan dinding yang kotor terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan air bertekanan tinggi atau detergen untuk menghilangkan debu dan noda. Kemudian, lakukan pengerokan hingga lapisan cat lama terkelupas.

Setelah bersih, pastikan permukaan dinding telah mengering sempurna. Dinding yang kering membuat cat baru akan mudah untuk menempel.

2. Melapis Cat Dasar

Berikan lapisan cat dasar pada permukaan dinding yang akan dicat ulang. Cat dasar berbahan waterbase ini mampu mengurangi serangan alkali pada tembok yang belum kering.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved