TribunBatam/

Google Akhirnya Lunasi Pajak, Ini Pesan Menteri Darmin Nasution

Google, perusahaan yang didirikan Lary Page ini akhirnya memutuskan untuk melunasi tunggakan pajaknya sesuai dengan SPT tahun 2016.

Google Akhirnya Lunasi Pajak, Ini Pesan Menteri Darmin Nasution
KONTAN
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Google, perusahaan yang didirikan Lary Page ini akhirnya memutuskan untuk melunasi tunggakan pajaknya sesuai dengan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun 2016.

Ketidaksesuaian jumlah nominal yang berdasarkan Google dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak sempat membuat proses kesepakatan tak menemui titik temu.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution bilang, untuk mencegah hal tersebut terjadi perlu dilakukan standardisasi. Ia bilang, butuh perundingan untuk mencapai kesepakatan mengenai standardisasi perhitungan pajak.

Selisih penghitungan dan jenis pajak pada bisnis perusahaan sejenis harus dibuat perhitungan secara matang. Sehingga tak ada selisih perhitungan berdasarkan keuntungan dari bisnis jasa internet dan produk internet.

Baca: MENGENASKAN, Nekat Sebrangi Perlintasan, Tubuh Pria Ini Hancur Tertabrak dan Terseret Kereta Api

Baca: Tembakan Perampok Kandaskan Mimpi dan Ambisi Italia

Baca: Sistem Full Day School, Pelajaran Agama di Kelas Bakal Ditiadakan. Ini Gantinya

"Kalau ada standarnya pasti mudah, tapi belum ada pasti masing-masing membuat perhitungan sendiri," kata Darmin, Selasa (13/6/2017).

Darmin bilang, jika sudah ada standar penghitungannya penaksiran angka pajaknya tinggal dikalikan 25%. Namun ia mengakui hal ini tidak mudah untuk dilakukan.

"Iya tapi sayangnya ini tidak mudah," tuturnya.

Diketahui saja, berdasarkan Pasal 2 Ayat (5) Huruf N Undang-Undang Pajak Penghasilan, Google seharusnya berstatus sebagai badan usaha tetap (BUT). Sehingga, setiap pendapatan maupun penerimaan yang bersumber dari Indonesia dikenakan pajak penghasilan. Namun, Google menolak pemeriksaan pajak lebih lanjut Ditjen Pajak Indonesia dan tidak mau penetapan status sebagai BUT. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kontan dengan judul: Darmin: Pajak Google seharusnya ada standardisasi

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help