TribunBatam/

PUBLIC SERVICE

Syarat Urus Kartu Pencari Kerja Atau Kartu Kuning di Batam

Untuk membuat kartu pencari kerja/kartu kuning apa saja syaratnya dan berapa biayanya? Simak penjelasan Disnaker berikut ini.

Syarat Urus Kartu Pencari Kerja Atau Kartu Kuning di Batam
net
ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Selamat pagi Tribun Batam, saya mau tanya, kalau untuk membuat kartu pencari kerja/kartu kuning apa saja syaratnya dan berapa biayanya? Selain itu untuk membuatnya apakah dilakukan di kantor Camat atau Disnaker? Mohon penjelasannya.

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaannya. Dalam mengurus kartu kuning (AK1) di kantor Dinas Ketenagakerjaan kota Batam (Disnaker ) itu, hanya bagi para pencari kerja yang belum mempunyai KTP Batam, melainkan masih mempunyai KTP kampung, maka dari itu pengurusan ya harus melalui Disnaker

Demikian juga apabila saudara sudah memiliki KTP Batam dan sudah terdaftar di Disdukcapil kota Batam, saudara bisa langsung mengurusnya di kecamatan sesuai dengan data KTP saudara. Untuk pertanyaan saudara apakah dikenakan biaya, itu tidak ada dikenakan biaya selama proses kepengurusan kartu kuning (AK1), melainkan gratis.

Persyaratan untuk mengurus kartu kuning ( AK1)  di Disnaker itu, hanya membutuhkan: KTP kampung, ijazah terakhir sekolah, pasfoto 3x4 berwarna(warnanya tidak ditentukan). Begitu juga dengan pengurusan di kantor kecamatan, apabila saudara sudah memiliki KTP Batam,hanya membutuhkan KTP Batam, ijazah terakhir sekolah, pasfoto 3x4 berwarna (warnanya tidak ditentukan). Sebelumnya kami ucapkan terima kasih semoga bermanfaat.

Syafrialdi

Kabid Penempatan Dinas Tenaga Kerja Batam

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help