Mellennial

Cermat Pilih Power Bank untuk Mudik

Bawa gadget pun, akan sia-sia jika tidak ada powernya alias mati karena habis baterei.

Cermat Pilih Power Bank untuk Mudik
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

MUDIK sudah menjadi tradisi tahunan paling seru masyarakat Indonesia, khususnya menjelang Lebaran seperti sekarang. Bagi banyak orang, perjalanan mudik bukanlah masa yang singkat karena bisa melalui udara, laut, dan darat.

Bahkan, ada yang menghabiskan waktu berhari-hari di atas kapal dan bus untuk mencapai kampung halaman demo menjumpai keluarga tercinta.

Kebayang kan berapa lama harus menempuh perjalanan? Agar perjalanan mudik para Mellennials tidak membosankan, pastinya diperlukan gadget yang selalu on di mana pun kamu berada.

Bawa gadget pun, akan sia-sia jika tidak ada powernya alias mati karena habis baterei. Salah satu solusi pengisian gadget paling praktis adalah menggunakan power bank.

Kini, berbagai merk power bank sudah tersedia dan dapat dibeli dengan mudah. Kapasitasnya pun bervariasi ada yang ribuan mAh milliampere-hour sampai belasan ribu.

Dalam milih power bank, kamu juga harus melihat berapa besar kebutuhan terutama saat akan mudik dengan memperhitungkan waktu perjalanan dan ketersediaan arus listrik. Semakin besar kapasitasnya memang semakin bagus, tetapi harganya juga semakin mahal.

Berbagai pilihan kapasitas power bank bisa dipilih dari yang 11 ribu mAh sampai yang 17 ribu mAh. Untuk kapasatis 11 ribu, daya tahannya 4-6 jam sehingga bisa menemani perjalanan dengan masa yang tidak begitu panjang.

"Sebelas ribu mAh itu tidak terlalu berat, jadi lebih gampang dibawa-bawa. Ini bisa menyimpan banyak daya dan lumayan ringan pula," ungkap Aphing, admin Best Accessories di BCS Mall yang banyak menjual beragam power bank.

Sedangkan yang berkapasitas 17 ribu mAh, pastinya bisa bertahan sampai 10 jam lebih. Minusnya, power bank ini jelas lebih beras jika dibandingkan yang 11 ribu mAh.Ingat guys, saat membeli power bank, perhatikan benar-benar produknya karena di pasaran banyak beredar power bank yang asli dan palsu.

Menurut Aphing, power bank yang asli dan berkapasitas tinggi biasanya memiliki berat yang lumayan. Produk asli pun akan dilengkapi dengan garansi nasional minimal satu tahun.

Power bank keluaran terbaru, selain berkapasitas tinggi juga sudah bersistem digital. Dengan sistem ini, pengguna dapat melihat daya yang masih tersimpan di dalam power bank. Di layar power bank juga akan terlihat jelas berapa persen yang terisi dalam gadget. (*)

Tips Memilih Power Bank

1. Sesuaikan Kebutuhan
Sebelum membeli power bank, pertimbangkan kebutuhan dengan menghitung lamanya perjalanan mudik dan ketersediaan listrik selama di perjalanan. Jika perjalanan mudik hanya setengah hari, power bank 11 ribu mAh sudah memadai.
2. Garansi
Pilih produk power bank ternama dan asli sehingga tidak ada penipuan antara keterangan di produk dengan keaslian kapasitas. Power bank yang asli biasanya di garansi minimal satu tahun.
3. Proteksi
Usahakan pilih power bank yang memiliki short circuit protection, over current protection, overcharge protection, over voltage protection dan temperature protection, agar pemakaiannya aman dan tidak korsleting.
4. Kabel Asli
Usahakan menggunakan kabel asli dari power bank itu sendiri saat menggunakannya untuk charge ke gedget.
5. Harga
Harga power bank sangat tergantung dengan kapasitasnya. Semakin tinggi kapasitasnya tentu saja harganya akan semakin mahal. (*)

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help