TribunBatam/

BATAM TERKINI

Jangan Salah Tanggal, Catat Jadwal Layanan Mudik Nyaman BPJS Kesehatan

Peserta JKN-KIS yang sakit pada saat mudik ataupun tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Jangan Salah Tanggal, Catat Jadwal Layanan Mudik Nyaman BPJS Kesehatan
TRIBUNBATAM/ANNE MARIA
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Tavip Hermansyah menjelaskan program mudik nyaman dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/6) di Kantor BPJS Kesehatan di Batam Centre. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Selama masa mudik Lebaran, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Mengenai prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Demikian diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Tavip Hermansyah dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/6/2017) di Kantor BPJS Kesehatan di Batam Centre.

Menurut Tavip, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017.

Baca: Tak Perlu Lapor, BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Ini Selama Mudik

Baca: BUTUH KARYAWAN. Sejumlah Perusahaan di Batam dan Karimun Membuka Lowongan Kerja

Baca: Butuh Dana Ratusan Juta Dolar AS, Ini Strategi BP Batam Kembangkan Bandara Hang Nadim

Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

"Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," tuturnya.

Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400. (*)

 
*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak Jumat, 16 Juni 2017

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help