TribunBatam/

Perhatikan 9 Tips Aman Main Gadget Bagi Anak

Gangguan mata pada anak akibat gadget semakin bertambah, antara lain kelelahan pada mata (astenopia), mata kering dan rabun jauh.

Perhatikan 9 Tips Aman Main Gadget Bagi Anak
Istimewa
ilustrasi anak dan gadget 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Saat ini penggunaan gadget tak hanya melanda kaum dewasa saja. Anak-anak juga sudah mulai kecanduan benda yang satu ini.

Penting kita ketahui, gangguan mata pada anak akibat gadget semakin bertambah. Hal yang dapat terjadi antara lain kelelahan pada mata (astenopia), mata kering dan rabun jauh (miopia).

Sebenarnya gadget tidak secara langsung menimbulkan rabun jauh, namun aktivitas melihat dekat yang dilakukan secara berlebihanlah yang menyebabkan terjadinya rabun jauh.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya rabun jauh, disarankan agar anak-anak dapat meningkatkan aktivitas di luar rumah agar mata bisa beristirahat (tidak berakomodasi secara terus menerus).

Baca: Tersangka Pelaku Lama, Polisi Bekuk Perampok Penembak Korban di SPBU Daan Mogot

Baca: Novel Sebut Ada Jendral Terlibat, Kadiv Humas Polri: Kalau Ada Informasi Tuangkan Dalam BAP

Baca: Bakal Berdampak Sosial, BP Batam dan Pemko Diminta Segera Atasi Pengangguran Batam

Lalu, bagaimana aturan bergadget agar mata anak tetap sehat? Berikut kiatnya:

1. Penggunaan gadget pada anak sebaiknya dibatasi maksimal 2 jam sehari, termasuk bermain game, menonton teve, menatap layar komputer/laptop/handphone.

2. Penggunaan gadget sebaiknya tidak dilakukan dalam satu waktu. Maksudnya, setiap 30 menit menatap layar sebaiknya diselingi dulu dengan aktivitas melihat jauh (lebih dari 6 m). Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata.Bisa juga diterapkan aturan 20-20, yaitu 20 menit menatap layar gadget, 20 detik beristirahat (melihat objek jauh dengan jarak lebih dari 6 meter).

Halaman
12
Tags
gadget
AMAN
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help