Cahaya Ramadan

Bekal Perjalanan

Secara spiritual orang yang berpuasa dituntut mempertajam mata batin dengan menghindari hal-hal yang dilarang agama.

Bekal Perjalanan
TRIBUN JATENG

IBADAH puasa boleh dikatakan sebagai perjalanan fisikal dan spiritual. Secara fisikal, orang yang berpuasa harus menahan makan dan minum serta hal-hal yang membatalkannya sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Secara spiritual orang yang berpuasa dituntut mempertajam mata batin dengan menghindari hal-hal yang dilarang agama.

Berpuasa berarti meningkatkan kedekatannya kepada Allah. Dengan kedekatan itu seseorang akan terjaga dalam kebajikan yang puncaknya memperoleh derajat ketaqwaan.

Lazimnya, sebuah perjalanan memerlukan bekal. Karena itu, Nabi Muhammad SAW memerintahkan sahur sebagai bekal sebelum menjalankan ibadah puasa. Sahur adalah makan pada waktu dini hari menjelang waktu subuh atau sebelum puasa dimulai.

Sabda Nabi, "Bersahurlah, karena pada makan sahur itu ada keberkahan."

Puasa merupakan suatu medium yang diciptakan Tuhan untuk menggambarkan proses atau perjalanan baik fisik dan sipiritual.

Sudah jamak diketahui, hidup di dunia ini merupakan satu fase perjalanan panjang manusia menuju ke suatu tujuan. Orang yang sedang dalam perjalanan ia tentu membutuhkan bekal agar selamat sampai tujuan.

Dalam bahasa Alquran, pada hakekatnya seluruh manusia sama-sama sebagai musafir atau sedang dalam perjalanan. "Wahai manusia sesugguhnya kamu telah bekerja keras menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemuiNya" (QS. Al-Insyiqaq: 6).

Setiap manusia pada dasarnya sama kedudukannya, yaitu sebagai musafir atau berjalan menuju Tuhannya, yang pasti akan dijumpainya. Bekal utama perjalanan menuju Tuhan adalah bekal ketakwaan.

"Berbekallah kamu sekalian, sebaik-baik bekal adalah bekal taqwa" (QS. Al-baqarah: 197). Bekal takwa adalah perbekalan hakiki semua manusia yang dapat mengantarkannya mencapai hidup bahagia.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved