TribunBatam/

Mellennial

Penting! Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Kepergian Jupe dikarenakan mengidap kanker serviks stadium akhir menjadi pengalaman dan pembelajaran penting bagi kaum hawa.

Penting! Cegah Kanker Serviks Sejak Dini
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

KEPERGIAN selebritis Indonesia Julia Perez (Jupe), seolah menyadarkan para perempuan Indonesia tentang mencegah penyakit kanker serviks sejak dini sehingga musibah serupa tidak mendera.

Kepergian Jupe dikarenakan mengidap kanker serviks stadium akhir menjadi pengalaman dan pembelajaran penting bagi kaum hawa. Para Mellenials, sangat penting mengetahui sejak dini apa dan bagaimana pencegahan kanker serviks.

Menurut data Globocan 2008, di dunia lebih dari 700 perempuan meninggal setiap hari karena kanker serviks ini. Sebanyak 80 persen kasus kematian terjadi di negara-negara berkembang.

Walaupun kanker serviks banyak menyerang wanita usia 36-55 tahun, tidak menutup kemungkinan para Mellennials bisa terserang penyakit serupa sewaktu-waktu jika tidak mencegahnya mulai dari sekarang.

Apakah yag meyebabkan terjadinya kanker serviks? Menurut Dokter Gina Rotty, SpOG selaku dokter spesialis rahim dan kandungan di Rumah Sakit Awal Bross (RSAB), Batam, kanker serviks terjadi bukan karena penyakit turunan tetapi disebabkan oleh virus tipe-tipe, yaitu Human Pappilomavirus (HPV).

Baca: Soal Wacana Provinsi Khusus Batam, Soerya Respationo: Darmin Salah Diagnosa

Baca: Kembangkan Pendidikan Siswa, SMKN I Batam Gandeng 14 Perusahaan

Baca: Usai Tabrak Empat Mobil di depannya, Begini Reaksi Wanita Pengendara Fortuner

HPV adalah virus umum yang memiliki lebih dari 300 tipe yang dapat menginveksi daerah kewanitaan. Secara umum, ada empat tipe yang biasanya menginveksi pada manusia yaitu tipe 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks dan tipe 6 dan 11 yang menyebabkan kutil kelamin.

Dia menambahkan, ada dua jenis penyakit pada mulut rahim. Pertama, bisa dikatakan jinak yaitu kutil kelamin. Penyakit ini bisa dilakuan penyembuhan dengan mudah. Kedua, yang ganas yang disebut kanker mulut rahim atau servuks.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help