Dinyatakan Tak Terkait Alkes, KPK Bakal Cari Fakta Baru Aliran Dana ke Amien Rais

Jaksa KPK menyatakan akan mendalami fakta persidangan mengenai aliran uang dari Siti Fadilah ke pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Dinyatakan Tak Terkait Alkes, KPK Bakal Cari Fakta Baru Aliran Dana ke Amien Rais
tribunnews.com
Amien Rais 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fakta persidangan tentang aliran dana kepada pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, tidak dijadikan pertimbangan vonis hakim terhadap mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari.

Hakim menilai fakta persidangan itu tidak relevan dengan kasus Siti Fadilah.

Pada persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jumat (16/6/2017), majelis hakim yang diketuai Ibnu Basuki menyatakan, Siti terbuki secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan korupsi terkait penyalahgunaan wewenang dan menerima gratifikasi Rp 1,9 miliar terkait pengadaan alat kesehatan (alkes) di Kementerian Kesehatan tahun 2005.

Siti juga dinilai terbukti bersalah karena melakukan penunjukan langsung saat pengadaan alat kesehatan guna mengantisipasi kejadian luar biasa tahun 2005 pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPMK) Kemenkes atau buffer stcok.

Sifi Fadilah juga terbukti bersalah pada dakwaan kedua yakni menerima gratifikasi Rp 1,9 miliar dari PT Graha Ismaya setelah dirinya menyetujui revisi anggaran pengadaan alkes I dan suplier alkes I.

Hakim kemudian menjatuhkan vonis empat tahun penjara dan denda Rp 1,9 miliar.

Baca: Uang yang Diterima Amien Rais tak Terkait Alkes, Begini Penjelasan Majelis Hakim

Baca: NGERI, Hampir Separuh PSK Terjaring Razia Dinsos Ini Mengidap HIV/AID dan Penyakit Kelamin

Baca: Berhasil Pikat Investor, 11 Kawasan KEK Berhasil Raih Investasi Rp 143.65 Triliun

"Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa membayar uang pengganti Rp 1,9 miliar dikurangi Rp 1,35 miliar," kata Ibnu.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help