TribunBatam/

Nyaris Ricuh, Penumpang Kapal Roro ke Dabo Telantar 6 Jam di Punggur. Ini Pemicunya!

Nyaris Ricuh, Penumpang Kapal Roro ke Dabo Telantar 6 Jam di Punggur. Ini Pemicunya!

Nyaris Ricuh, Penumpang Kapal Roro ke Dabo Telantar 6 Jam di Punggur. Ini Pemicunya!
tribunbatam/eko setiawan
Suasana penumpang kapal roro ke Dabo Singkep telantar di Pelabuhan Punggur selama 6 jam 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Penumpang tujuan Batam-Dabok Singkep nyaris ricuh di Pelabuhan Telaga Punggur, Batam, Sabtu (17/6/2017) malam. ‎Permasalahan ini dikarenakan kapal Roro yang hendak mengangkut mereka tidak kunjung berangkat hingga tengah malam.

Baca: Ngeri! Kartel Peti Kemas Batam-Singapura. KPPU Kepri Nunggu Hasil Saksi Ahli!

Baca: Kelebihan Muatan, KMP Sembilang ke Dabo Singkep Ditunda Berangkat. Ini Jawaban ASDP!

Informasi yang dihimpun Tribun, Minggu (18/6/2017) siang‎ diketahui kalau kapal Roro KM Sembilang yang seharusnya berangkat pukul 19.00 WIB tidak juga berangkat hingga pukul 24.00 WIB.

Menurut mereka, alasan tidak di izinkan berlayar karena kelebihan muatan. Para penumpang akhirnya kecewa, karena tidak ada solusi pasti yang diberika pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), dalam hal ini Syahbandar.

"Hampir sekitar enam jam semalam penumpang terlantar di pelabuhan. Mereka kecewa karena tidak ada solusi yang di berikan pihak yang berwenang," sebut sebut salah seorang saksi yang malam itu turut mengantarkan sodaranya kepelabuhan.

Sementara itu, Manajer Operasional ASDP Cabang Batam, Adolf Enoch, saat dimintai tanggapannya mengatakan, melihat data tahun lalu, lonjakan penumpang biasanya terjadi H-3 sebelum lebaran. Namun kali ini, sembilan hari saja sudah seperti ini.

"Kami hanya menjual tiket kapal itu 300 sesuai kapasitas kapal. Nah sekarang ini, penumpang yang tidak punya tiket juga memaksa untuk masuk," sebutnya.

‎Saat penumpang berebtan masuk kedalam kapal, petugas Syahbandar tidak ada untuk memantau. "Dia malah pulang dan membawa Surat Permohonan Berlayar. Seharunya dia berada disini," sebutnya. (*)

Penulis: Eko Setiawaan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help