TribunBatam/

BATAM TERKINI

Harga Cabai di Pasar Sagulung Lebih Mahal, Ternyata Ini Penyebabnya

Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Batam menemukan harga cabai merah di Pasar Sagulung jauh lebih mahal dibanding harga cabai di Pasar Tos 3000 Jodoh.

Harga Cabai di Pasar Sagulung Lebih Mahal, Ternyata Ini Penyebabnya
TRIBUNBATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Tim pengendali inflasi daerah (TPID) Batam meninjau harga sembako di pasar tos 3000, Jodoh, Batam, Senin (19/6/2017). Berbeda dengan harga cabai merah di Tos 3000 Jodoh, harga cabai di pasar Sagulung jauh lebih mahal. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam menemukan harga cabai merah di Pasar Sagulung jauh lebih mahal dibanding harga cabai di Pasar Tos 300 Jodoh, Senin (19/6/2017).

Bahkan, harganya hampir dua kali lipat lebih mahal dibandingkan harga di pasar Tos 3000. Yakni harga satu kilogram cabai merah di pasar Tos 3000 hanya Rp 16 ribu rupiah, sementara di Pasar Sagulung harga cabai merah di Pasar Sagulung Rp 30 ribu.

Perbandingan harga tersebut yang sangat jauh membuat Ketua TPID Batam yang juga Sekretaris Kota Batam, Jefriddin mengaku bingung.

"Ini yang perlu kita telusuri kenapa bisa harganya jauh lebih mahal di Pasar Sagulung," kata Jefridin.

Baca: Ambil Nomor Antrean Lewat WhatsApp Mulai Berlaku, Begini Suasana Kantor Imigrasi Batam

Baca: Hasil Sidak Harga Telur Naik, Bagaimana Harga Sembako Lain? Ini Hasilnya

Baca: Asyik Mancing di Danau Monggak, Jaksen Tewas Setelah Sampannya Tenggelam

Apalagi, jarak Tos 3000 Jodoh dengan pasar Sagulung tidak begitu jauh. "Jika kenaikannya seribu sampai dua ribu rupiah masih sangat wajar," katanya.

Sementara itu, pedagang Pasar Sagulung mengaku perbedaan harga tersebut karena adanya perbedaan lokasi pengambilan barang. 

"Cabai yang beredar di Pasar Sagulung ini datangnya dari Jawa menggunakan pesawat, jadi mahalnya di ongkos kirim," kata Ujang pedangang di Pasar Sagulung.

Sementara harga komoditi bahan pokok di Pasar tos 3000 dan Pasar Sagulung di luar cabai rawet relatif sama, seperti harga gula, sayur mayur dan lain sebagainya. (*)


*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak Selasa, 20 Juni 2017

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help