Harus Berutang Untuk Kebutuhan Lebaran? Cek Dulu Tips Penting Berikut Ini

Bila saat ini Anda tengah menimbang opsi berutang untuk menutup kebutuhan seputar Ramadan, Mudik dan Hari Raya, perhatikan dulu hal-hal berikut ini

Harus Berutang Untuk Kebutuhan Lebaran? Cek Dulu Tips Penting Berikut Ini
acumon.net.au
ilustrasi Utang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang Lebaran, biasanya kebutuhan akan keuangan meningkat tajam. Apalagi, jika saat Lebaran seseorang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman yang notabene butuh banyak biaya.

Meskipun menerima Tunjangan Hari Raya, namun, terkadang THR tersebut juga tidak mampu mencukupi beragam kebutuhan hari raya akibat laju kenaikan harga barang yang luar biasa. Kenaikan harga bahkan telah terjadi jauh hari sebelum Ramadan.

Inflasi harga, kebutuhan yang membludak namun tidak diimbangi dengan pendapatan yang memadai, mendorong banyak orang terpaksa berutang demi menutup kebutuhan. Apakah langkah ini dibenarkan?

Sebenarnya, prinsip keuangan yang sehat tidak menyarankan Anda untuk berutang bila tidak sangat terpaksa.

Bila saat ini Anda tengah menimbang opsi berutang untuk menutup kebutuhan seputar Ramadan, Mudik dan Hari Raya, perhatikan dulu hal-hal berikut ini:

1. Periksa dulu anggaran

Sebelum memutuskan berutang, pastikan Anda sudah memeriksa pos anggaran mana saja yang membuat kebutuhan keuangan Lebaran menjadi membengkak. Periksalah satu per satu dan lakukan penghematan yang memungkinkan. Misalnya, bila pos pembelian oleh-oleh

Lebaran sebenarnya tidak memiliki sumber dana, Anda tidak perlu memaksakan diri membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Berlebaranlah sesuai kemampuan saja.
Begitu juga dengan anggaran mudik.

Bila pulang ke kampung halaman ternyata sangat menguras uang Anda sampai memaksa Anda berutang, ada baiknya Anda menimbang ulang rencana tersebut.

Bersilaturahmi saat ini bisa Anda lakukan melalui berbagai medium, memakai video call atau telepon, mungkin sudah memadai.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help