TribunBatam/

Mellennial

Asyiknya Tradisi Mudik

Pulang kampung menjadi bagian dari sekian banyak impian, setelah menjalani aktivitas kerja di Batam.

Asyiknya Tradisi Mudik
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

BATAM memang menjadi tujuan untuk mengadu nasib warga dari berbagai penjuru daerah. Tak heran jika tradisi mudik bagi warga Batam, tak kalah serunya dibandingkan dengan fenomena yang ada di kota-kota besar lainnya di tanah air.

Jika Anda mengamati di sejumlah gerbang keluar masuk Batam, kesibukan tengah terjadi pekan ini. Wajah-wajah ceria pun menghiasi para calon penumpang di Bandara Hang Nadim atau pelabuhan-pelabuhan di Batam saat ini.

Tak ketinggalam bagi kaum millenials, pulang kampung menjadi bagian dari sekian banyak impian, setelah menjalani aktivitas kerja di Batam. Berbagai persiapan sudah jauh hati dilakukan. Mulai belanjaan, oleh-oleh untuk keluarga, hingga penampilan saat di kampung halaman tentu sudah ada di benak sejak jauh-jauh hari.

Ada sesuatu yang perlu diingat bagi millenials. Mudik tentu akan meninggalkan sesuatu yang mungkin cukup berharga di Batam. Barang-barang kesayangan, hingga perabotan di rumah, tentu tak termasuk yang dikemas untuk dibawa pulang. Semua harus dipastikan aman.

Aman saat mudik juga merupakan keinginan banyak orang saat mudik. Bukan hanya aman saat di perjalanan saja. Namun juga aman soal barang-barang yang ditinggalkan selama mudik.

"Saat mudik perlu diperhatikan rumah yang ditinggal. Mulai dari listrik, air, gas, serta keamanan rumah," ungkap Kombes Pol Erlangga, Kabid Humas Polda Kepri saat ditemui Tribun, Senin (19/6/2017).

Kombes Erlangga juga mengatakan bahwa alangkah baiknya jika saat mudik para mellennials memberitahukan RT, RW, dan sekuriti setempat. Ketua RT, ketua RW, dan sekuriti nantinya melaporkan ke Bhabinkamtibmas rumah mana yang ditinggal mudik di kawasan tersebut.

"Nanti petugas kepolisian akan melakukan patroli pengamanan di sekitar perumahan itu," tambahnya.

Kalau kamu masih khawatir untuk meninggalkan barang-barang saat mudik dan tidak memungkinkan untuk dibawa saat mudik, kamu para mellennials pun bisa menitipkan barang berharga ke pihak Polres atau Polsek setempat. Ini semua tidak dipungut biaya loh guys.

Tiada yang pernah tau, tindak kejahatan akan menghampiri kita. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya kamu jangan terlihat mencolok saat mudik, hindari pula menggunakan perhiasan yang berlebihan pula ya guys.

Selain itu saat mudik yang menggunakan transportasi, sebaiknya dipilah dan dipilih kembali. Pilih angkutan umum yang sudah terdata dan jelas keberadaannya. Sehingga saat mudik kita juga merasa aman, dan nyaman.(*)

Tips Aman Saat Mudik 

1. Jaga keselamatan. Niat kita untuk bisa bersilaturahmi tidak akan terwujud jika kita tidak bisa menjaga keselamatan.
2. Titipkan rumah Anda kepada pihak wilayah setempat. Baik ke RT, RW, dan sekuriti. Atau bisa menitipkan barang berharga kepada pihak polres atau polsek. Jangan lupa pula pihak RT, RW, dan sekuriti sampaikan ke pihak Bhabinkamtibmas rumah mana saja yang melakukan mudik.
3. Dalam perjalanan tidak perlu menggunakan barang-barang atau perhiasan yang mencolok. Gunakan asesoris seperlunya dan sepantasnya saja. Barang-barang berharga itu ada baiknya di simpan saja.
4. Dalam perjalanan menggunakan angkutan umum, sebaiknya jangan akrab terhadap dengan orang yang belum dikenal dan jangan menerima apapun yang diberikan kepada kita dari orang yang tidak pernah dikenal sebelumnya.
5. Pilih angkutan umum yang layak. Angkutan umum yang layak dari segi keselamatan, dan angkutan umum yang bertanggung jawab dalam keamanan dan kenyamanan. (*)

Tags
Mudik
tips
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help