TribunBatam/

Mustika Rasa

Kue Lidah Kucing, Si Gurih Warisan Belanda

Kue lidah kucing, rasanya yang manis, gurih, dan renyah memang selalu menjadi favorit para tamu.

Kue Lidah Kucing, Si Gurih Warisan Belanda
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

SIAPA yang tidak mengenal kue yang satu satu ini? Kue kering yang manis dan gurih ini bisa dibilang tidak pernah terlupakan saat hari-hari besar umat beragama.

Seperti halnya menyambut Hari Raya Idulfitri. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah memang selalu menjadi favorit para tamu.

Tiola Cake and Cafe hadir untuk menyediakan beragam pilihan kue kering untuk lebaran. Salah satunya adalah kue lidah kucing. Hendri, Manager Tiola mengungkapkan bahwa kue lidah kucing dipilih karena banyaknya peminat akan kue tersebut. Rasanya yang gurih membuat kue ini selalu menjadi sesuatu yang dirindukan.

"Kue lidah kucing ini banya dicari. Selain itu ada juga nastar, dan sagu keju. Cuman itu aja karena ketiga kue ini banyak peminatnya," ungkap Hendri.

Konon ada cerita kue lidah kucing berasal dari Belanda. Kue ini masuk ke Indonesia dari Belanda seiring dengan kedatangan kaum kolonial saat itu. Dalam bahasa Belanda kue ini dinamakan Katte Tong yang artinya lidah kucing. Bentuk kuenya yang tipis dan putih inilah sebabnya dinamakan kue lidah kucing.

Kue lidah kucing yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai kue gurih, renyah dan manis yang ditimbulkan dari susu.

Kue ini kini memang tersedia di Tiola Cake and Cafe. Di sejumlah wilayah, kue ini juga cukup dikenal dan digemari warga, baik kalangan remaja maupun anak-anak.

Tiola sendiri juga menyedaiakan persel yang berisi makanan dan minuman serta tiga kue favorit tersebut. Seluruh ke dan minuman itu dimasukkan ke dalam tempat berwarna hijau yang unik. Untuk harga parsel Rp 650 ribu.

Tiola yang sudah ada sejak Oktober 2015 di Ruko Nagoya Hill R4 D6 ini menawarkan harga kue lidah kucing Rp 40 ribu/kotak, Nastar Rp 63 ribu/kotak, dan sagu keju Rp 55 ribu/ kotak. Pemesanan untuk kue hari raya dapat dipesan sampai tanggal 22 Juni 2017. Pemesanan cake lebaran dimulai dari harga Rp 200 ribu. Tiola cake and cafe dibuka setiap hari dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. (*)

Resep Kue Lidah Kucing

Bahan:
160 gram tepung terigu protein rendah
50 gram tepung gula
200 gram margarin
10 gram susu bubuk
100 gram tepung gula
5 putih telur.

Cara pembuatan:
1. Aduk margarin sampai lembut. Masukkan 50 gram tepung gula. Aduk sampai lembut sekitar 10 menit.
2. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak secara perlahan. Aduk rata, sisihkan.
3. Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan tepung gula sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai adonan mengembang. Gunakan sendok untuk mengambil 1 sdm putih telur ke dalam adonan tepung secara perlahan sambil diaduk.
4. Ambil kantong segitiga dan masukkan adonan ke dalamnya. Gunting ujungnya, semprotkan ke dalam loyang lidah kucing yang sebelumnya sudah diolesi margarin.
5. Masukkan ke dalam oven. Panggang selama 15 menit dengan api kecil pada suhu 140 derajat celcius. (*)

Tags
Belanda
kue
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help