Banyak Perusahaan Bandel, BPJS Ketenagakerjaan Izin Intip Omset Lewat Ditjen Pajak

BPJS Ketenagakerjaan meminta izin ke Menteri Keuangan dan Ditjen Pajak untuk bisa bertukar data ihwal omset dan jumlah aset perusahaan.

Banyak Perusahaan Bandel, BPJS Ketenagakerjaan Izin Intip Omset Lewat Ditjen Pajak
TRIBUNPEKANBARU
BPJS Ketenagakerjaan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga kini, tak sedikit perusahaan yang masih belum memberikan tunjangan ketenagakerjaan sesuai ketentuan. Padahala, jaminan tersebut dilindungi dalam Undang-Undang ketenagakerjaan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sebagai intansi pengelola dana jaminan pekerja di tanah air, merasa belum optimal menarik kepesertaan tenaga kerja. Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan tengah melakukan berbagai upaya kerja sama dengan pihak lain.

Salah satunya adalah menggandeng Direktorat Jenderal (Ditjen)Pajak. Meski sebenarnya, BPJS Ketenagakerjaan dan Ditjen Pajak sudah bekerjasama sejak 2014. Yakni lewat kesepakatan bersama terkait pemanfaatan data kepesertaan dan data identitas wajib pajak.

Direktur Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis mengatakan, pihaknya tahun ini tengah melakukan pendalaman kerja sama pertukaran data dengan Ditjen Pajak.

Jika selama ini, kerja sama pertukaran data hanya di permukaan data umum saja, kata Ilyas, kini pihaknya tengah meminta izin ke Menteri Keuangan dan Ditjen Pajak untuk bisa bertukar data ihwal omset dan jumlah aset perusahaan.

Ilyas bilang, BPJS Ketenagakerjaan telah mengajukan surat permohonan tersebut pada akhir Mei 2017.

Baca: Tunggakan Pajak Minimal Rp 100 Juta Bersiaplah Nginap di Lapas Enam Bulan

Baca: Tak Disangka, Driver Gojek Ini Ternyata Anak Seorang Artis Papan Atas

Baca: MERINDING. Ular Kobra Sepanjang Dua Meter Panjat Teralis Masuk Rumah Orang

"Karena harus sama data yang dilaporkan ke BPJS dan pajak, misalnya upah seseorang untuk menghitung PPh 21 harus dilaporkan ke pajak dan ke kami, juga harus dilaporkan ke jaminan sosial dan ini kami crosscheck harus sama," kata Ilyas, Selasa (20/6/2017).

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved