TribunBatam/

Jangan Salah Pilih. Dua Alat Kontrasepsi Ini Bisa Ganggu Jumlah ASI

Ada beberapa pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan, mulai dari obat oral hormonal, suntik, hingga pemasangan IUD.

Jangan Salah Pilih. Dua Alat Kontrasepsi Ini Bisa Ganggu Jumlah ASI
NOVA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Untuk mencegah kehamilan terutama pada masa laktasi alias menyusui, sebagian perempuan langsung menggunakan alat kontrasepsi.

Ada beberapa pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan, mulai dari obat oral hormonal, suntik, hingga pemasangan IUD.

Namun, terutama bagi yang sedang menyusui, kita harus mempertimbangkan pilihan terbaik kontrasepsi jenis apa yang cocok untuk kondisi tubuh kita.

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Yolanda Safitri, MPH(M)., pil KB dan suntik bisa membuat ASI berkurang.

Kondisi ASI yang 'seret' ini tentu dikhawatirkan banyak ibu menyusui.

Baca: Selama Lebaran, Ini Dia Jadwal Operasional Bank BCA

Baca: ALAMAK. Tolong Korban Penodongan, Polisi Ini Justru Kecopetan. Barang Berharga Miliknya Raib

Baca: Minta Kasusnya Dihentikan, Rizieq Surati Presiden Jokowi

“Pil KB dan suntik memang bisa menyebabkan ASI seret, karena isinya hormonal, sehingga bisa mempengaruhi produksi ASI,” jelasnya pada NOVA.id.

Agar produksi ASI kembali normal, Dr. Yola menyarankan untuk menggunakan KB yang tepat untuk menyusui, yaitu KB yang sifatnya mekanis.

“Lebih baik gunakan KB yang sifatnya mekanis, contohnya IUD,” jelas konselor laktasi dari RSIA Bunda, Menteng, Jakarta ini.

Meskipun demikian, kini sudah ada pil KB khusus yang bisa dikonsumsi oleh para perempuan yang sedang menyusui.

Untuk mendapatkannya, kita bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter laktasi, sekaligus bisa mengetahui dengan tepat cara yang benar saat menyusui.

Kemudian jangan lupa juga, untuk tetap memperhatikan asupan air putih dan juga makan makanan sehat, serta hindari stress yang juga bisa mempengaruhi produksi ASI kita. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Nova.grid.id dengan judul : Duh! Ternyata 2 Jenis Alat KB Ini Bisa Bikin ASI 'Seret'

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help