Cuaca Ekstrem Melanda Batam, Ini Pesan BMKG ke Maskapai Penerbangan

Cuaca Ekstrem Melanda Batam, Ini Pesan BMKG ke Maskapai Penerbangan. Ini Tanggapan Pengelola Bandara Hang Nadim

Cuaca Ekstrem Melanda Batam, Ini Pesan BMKG ke Maskapai Penerbangan
facebook/Pasha Wilona?
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Cuaca ekstrim hujan lebat diselingi angin kencang dan petir, di langit Nongsa dan sebagian besar daerah Batam, membuat jarak pandang di udara berkurang, Kamis (29/6) siang.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam Nizam Mawardi menjelaskan, jarak pandang di bagian barat berkurang dan mata mamandang sejauh 500 meter (m). Sementara di bagian Timur pulau Batam masih normal yakni Di 6 kilo meter (km).

Baca: Ehem! Model Panas Promosikan Seragam Baru Klub Ini, Posenya Bikin Panas Dingin!

Baca: Terungkap! Inilah 11 Hak Mengejutkan Seputar Puting Payudara, Nomor 10 Bikin Penasaran!

Untuk maskapai penerbangan, diperkirakan Nizam dapat berpotensi. Hal itu, lantara jarak pandang di Barat hanya 500 m. Hal ini tidak signifikan, ketika hujan lebat bisa turun drastis.

"Untuk masalah penundaan, itu bukan domain kami. Itu bagian keselamatan bandara. Kami hanya memberikan informasi sejauh cuaca seperti apa. Tapi bisa memang berpotensi (mengganggu penerbangan,rec)," kata Nizam.

Lanjut Nizam, cuaca esktrim tidak saja hanya terjadi Kamis ini. Namun diperkirakan, akan berlaku sampai Jumat (30/6). Hal itu disebabkan paparnya, adanya belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau mengakibatkan terjadinya perlambatan massa udara dan memupuk massa udara di wilayah tersebut.

"Sehingga mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif. Secara umum kondisi cuaca Jumat diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang terkadang disertai petir. Untuk kondisi ini, masih kondusif untuk akivitas transportasi darat, laut dan udara," jelasnya.

Sementata itu, terkait adanya gangguan atau penundaan di banda sejauh ini masih normal. Hal tersebut, diungkapkan oleh Genereal Manager (GM) Operasional Bubu Hang Nadim Batam Suwarso.

"Masih normal. Potensi kalau hujan terus menerus pasti ada. Cuman penundaan masih belum ada," katanya.(*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved