Libur Terakhir Lebaran, Warga Serbu Pantai Wisata Pongkar. Sampah Plastiknya Tak Sedikit!

Libur Terakhir Lebaran, Warga Serbu Pantai Wisata Pongkar. Sampah Plastiknya Tak Sedikit!

Libur Terakhir Lebaran, Warga Serbu Pantai Wisata Pongkar. Sampah Plastiknya Tak Sedikit!
tribunbatam/rachta yahya
Suasana warga berwisata di Pantai Pongkar 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Hari terakhir libur lebaran sebelum memasuki waktu kerja di Karimun diwarnai warga menyerbu objek wisata pantai Pongkar, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Minggu (2/7/2017).

Baca: Terungkap! Inilah Kisah di Balik Jung Kyung Ho Pacari Sooyoung SNSD, Mengejutkan Pemicunya!

Baca: Bikin Menangis! Bocah 10 Tahun Sendirian Urus Kakeknya yang Lumpuh, Rela Putus Sekolah!

Baca: Bikin Merinding! Wangi Daun Pandan dari Kamar, Firasat Sebelum Niko Tewas Terseret Ombak!

Warga mulai memadati objek wisata tersebut sedari pagi mulai sekitar pukul 10.00 WIB dan terus bertambah hingga sorenya. Hingga pukul 14.00 WIB, diperkirakan sekitar 500 warga mengunjungi lokasi pantai Pongkar.

"Alhamdulillah, dari ujung ke ujung sepanjang kurang lebih dua kilometer, ramai pengunjung," ujar seorang petugas pengelola, Minggu.

Pengunjung yang datang pada umumnya bergerombolan dan satu keluarga dengan minimal 5-6 orang. Mereka menggelar tikar dan makan bersama. Sementara anak-anak mereka mandi di tepi pantai walau saat itu air laut terlihat keruh.

"Besok sudah kerja lagi, jadi hari ini dimanfaatkan buat jalan-jalan. Kami pilih pantai Pongkar karena dekat dengan rumah kami di PN. Cukup ramai, kami semua ada enam KK yang pergi. Pakai motor," kata Partiyem (41), pengunjung dari PN, Tebing.

Untuk pengamanan, sejumlah personil kepolisian resor (Polres) Karimun di tempatkan di sana. Mereka mendirikan posko pengamanan tak jauh dari bibir pantai.

Meski sempat dilanda kabar tak sedap setelah sejumlah pengelola tersandung kasus dugaan pungutan liar (pungli) namun kemarin kondisinya terlihat sudah normal kembali.

Hal itu terlihat dari sejumlah petugas pengelola di tempatkan di posko dekat gerbang. Mereka hanya mematok harga murah untuk tiket masuk yakni Rp 2 ribu untuk pengunjung dewasa, parkir sepeda motor Rp 1.000 sekali parkir.

Dari tiket masuk warna kuning dan karcis parkir kendaraan roda dua warna hijau yang diterima pengunjung, pungutan tersebut berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) Pongkar, Nomor 04 Tahun 2017.

"Untuk anak-anak tidak dipungut biaya," terang Retno (41), pengunjung lainnya.

Secara keseluruhan, pantai Pongkar cukup bersih walau tidak dipungkiri masih ditemukan sampah terutama sampah plastik yang diduga sampah pengunjung sedikit mengganggu. Padahal pengelola sudah menempatkan tong-tong sampah di sejumlah lokasi.

Untuk musala dalam kawasan objek wisata pantai Pongkar patut juga diberikan perhatian oleh pengelola. Pengunjung mengaku kesulitan untuk tempat wudhunya sehingga akhirnya mereka memilih untuk salat zuhur atau asar di masjid yang berada di luar lokasi wisata pantai Pongkar sekitar 800 meter. (*)

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help