Ada Fosil Dinosaurus di Science Centre Singapura

Pengunjung juga akan melihat replika dinosaurus yang dipajang selama pameran berlangsung.

Ada Fosil Dinosaurus di Science Centre Singapura
TRIBUN BATAM/DEWI HARYATI
Anak-anak bermain pasir di area eksibisi Dino Robot Factory di Science Center Singapura beberapa waktu lalu 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM – Masa liburan sekolah ini Science Centre Singapura menghadirkan eksibisi bertemakan Dino Robot Factory. Ya, seperti namanya, sejumlah pernak-pernik yang dihadirkan dalam pameran itu berkaitan dengan binatang purbakala--dinosaurus.

Pertama kali memasuki ruang eksibisi, pengunjung akan dibawa melihat-lihat fosil berusia puluhan hingga ratusan juta tahun yang dipajang di etalase kaca. Ada gigi dinosaurus, tulang-belulang hingga telur dinosaurus, lengkap dengan keterangan yang berkaitan dengan fosil tersebut. Aslikah?

Exhibition guide Noor Hidayah mengatakan, semua fosil yang dipajang di etalase kaca itu asli. Fosil itu sengaja dibawa dari Jepang sebagai bahan pembelajaran bagi pengunjung, khususnya anak-anak.

"Asli. Semua peninggalan diangkut dari Jepang dan dibawa ke Singapura.Eksibisi ini memang untuk anak-anak utamanya," kata perempuan yang akrab disapa Yaya itu, belum lama ini.

Karena sasaran pameran lebih ditujukan untuk anak-anak, tak ayal lagi media pembelajaran berkaitan dengan dinosaurus itu juga disampaikan dengan cara yang ringan dan menyenangkan. Mulai dari bongkar-pasang
kerangka dino, sampai dengan mencari tulang-belulang dinosaurus lewat teknik bermain pasir.

"Untuk bongkar-pasang ini harus cepat dilakukan. Karena tujuannya untuk mengasah kerja otak anak," ujar dia.

Sesekali terdengar suara raungan dinosaurus di ruangan yang cukup luas itu. Tentu saja bukan suara yang dihasilkan dinosaurus sungguhan di ruangan tersebut, melainkan lewat mesin. Pengunjung juga akan melihat
replika dinosaurus yang dipajang selama pameran berlangsung.

Mencari tulang-belulang dinosaurus lewat teknik bermain pasir, termasuk paling diminati anak-anak di sana. Mereka terlihat gembira bermain bersama anak-anak lainnya.

"Yang banyak diminati di sini ada beberapa. Mencari tulang-belulang di dalam pasir itu termasuk. Bongkar-pasang kerangka dino juga," kata Yaya.

Eksibisi Dino Robot Factory ini diadakan sejak akhir Mei lalu hingga 27 Agustus 2017. Tepatnya di The Annexe, tak jauh dari area Snow City yang beralamat di 21 Jurong Town Hall Rd, Singapura.

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help