ALAMAK. AC Pesawat Rusak, Beginilah Nasib 168 Penumpang Air India Selama Tiga Jam

Para penumpang mengeluh karena tak satu pun staf Air India yang menggubris laporan mereka.

ALAMAK. AC Pesawat Rusak, Beginilah Nasib 168 Penumpang Air India Selama Tiga Jam
kompas.com
Air India 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Gara-gara AC dalam kabin pesawat tak berfungsi, penumpang pesawat Air India dengan nomor penerbangan AI 880 dari bandara Bagdogra di Bengal Barat menuju New Delhi kepanasan dan sesak nafas selama hampir tiga jam.

Kepada harian India Today, para penumpang penerbangan pada Minggu (2/7/2017) itu mengatakan, mereka sudah mengetahui AC di kabin tak berfungsi sejak pesawat itu masih berada di bandara.

Hal tersebut sudah dilaporkan kepada kru Air India yang kemudian mengatakan, sistem pengatur suhu akan berfungsi saat pesawat lepas landas.

Namun, sayangnya janji awak Air India itu tak terbukti. Selama penerbangan seluruh 168 orang penumpang harus rela kepanasan dan sulit bernapas.

Bagi penumpang yang kondisi tubuhnya bugar mungkin penderitaan itu bisa dilalui, tetapi bagi seorang penumpang yang menderita asma penerbangan hampir tiga jam itu tak ubahnya sebuah neraka.

Baca: Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur dan Rasakan 8 Manfaat Ini

Baca: Pemerintah Segera Batasi Kepemilikan Minimarket. Ini Alasannya

Baca: DPR Usul Minuman Bersoda Sebagai Objek Cukai Baru

"Saat saya sadar AC kabin tak berfungsi dan masker oksigen juga tak berguna, saya  meminta tabung oksigen kepada kru karena saya kesulitan bernapas," ujar penumpang bernama Debasmita yang menderita asma.

"Saat itulah baru saya tahu bahwa tabung oksigen di pesawat itu ternyata kosong," tambah dia.

Para penumpang mengeluh karena tak satu pun staf Air India yang menggubris laporan mereka. Bahkan saat mendarat di New Delhi tak ada satu pun staf maskapai yang minta maaf akibat ketidaknyamanan itu.

Sejumlah pakar penerbangan, kepada India Today, menjelaskan, pilot sebenarnya tak bisa menerbangkan pesawat jika terjadi malfungsi AC.

Sebab, memaksakan penerbangan tanpa adanya sistem pengaturan udara sama saja dengan membahayakan jiwa penumpang dan bisa dikenai sanksi yang sangat berat.

Manajemen Air India kemudian hanya mengatakan, pihaknya tengah melakukan investigasi terkait insiden itu. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul : Sistem AC Tak Berfungsi, Penumpang Air India Menderita

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved