TribunBatam/

Public Service

Diusir Sopir Taksi Saat Ambil Penumpang di Nagoya Hill

Saya mendapat orderan penumpang di Nagoya Hill, dan saya diusir dan diancam akan dibawa ke kantor polisi karena saya mengambil penumpang.

Diusir Sopir Taksi Saat Ambil Penumpang di Nagoya Hill
TRIBUN BATAM/ANDRIANI
Sejumlah sopir taksi dan ojek mengepung mobil Avanza di dekat Mega Mall, Sabtu (10/6/2017) karena dikira taksi online. 

SELAMAT Pagi Tribun Batam.

Saya ingin mengajukan pertanyaan mengenai pro-kontra tentang Transportasi Online.
Saya merupakan salah satu driver taksi online. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah transportasi online untuk di daerah Batam diizinkan?

Soalnya semalam saya mendapat orderan penumpang di Nagoya Hill, dan saya diusir dan diancam akan dibawa ke kantor polisi karena saya mengambil penumpang, dan pada akhirnya saya harus mengalah dan menurunkan penumpang.

Jika terjadi hal seperti itu, apakah kami pihak driver bersalah atau dari pihak pengancam yang bersalah?

Mohon tanggapannya, terima kasih.
Santo

Jawaban :

ANGKUTAN sewa khusus atau online sudah diatur dalam Permenhub nomor 26 tahun 2017 yang diterbitkan April 2017 dan berlaku sejak 1 Mei 2017.‎ Khusus untuk pertanyaan tersebut, silakan memenuhi persyaratan-persyaratan yang sudah diatur dalam permenhub tersebut.

Namun demikian, sepanjang pengetahuan kami di Batam, belum ada yang memiliki izin angkutan sewa khusus. Hal itu karena izin dikeluarkan oleh Gubernur Kepri. Jika ada perusahaan aplikasi ingin mengurus, harus bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki izin usaha angkutan umum.

Untuk mendapatkan izin, ada juga persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya, ‎kendaraan harus menjalani uji KIR, memiliki nomor kendaraan khusus yang dikeluarkan oleh kepolisian.

Lalu memiliki kartu pengawasan, memiliki stiker tanda angkutan sewa khusus. Menerapkan tarif yang berdasarkan batas bawah dan batas atas, dengan ketentuan dari Kementerian Perhubungan atau dari usulan Gubernur. Serta persyaratan-persyaratan lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Batam
Yusfa Hendri

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help