Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun, Ini Pesan Menteri Pariwisata Bagi Warga Batam

Wisatawan mancanegara asal Singapura yang masuk ke Indonesia melalui Batam belakangan mengalami penurunan.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun, Ini Pesan Menteri Pariwisata Bagi Warga Batam
Tribun Batam/Argianto
Dilokasi Inilah dua WNA Singapura menjadi korban pembegalan di Bukit Clara yang terkenal dengan tulisan 'Welcome To Batam' berukuran besar 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Isu keamanan dan demo yang kian marak di Indonesia ternyata berimbas pada tingkat kunjungan wisatawan mancanegara. Termasuk juga wisatawan mancanegara asal Singapura yang masuk ke Indonesia melalui Batam. Belakangan ini jumlahnya mengalami penurunan.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya seusai acara Halal Bihalal Kementerian Pariwisata di Jakarta.

"Kalau menurut saya (penurunan kunjungan wisman Singapura) karena isu ketidaknyamanan dari demo. Kalau untuk Batam, itu (kedatangan wisman) paling banyak dari Singapura. Saya mohon rekan-rekan di Batam. Wisman kita sangat sensitif terhadap isu," kata Arief.

Ia meminta tak ada lagi isu-isu keamanan dan demo yang bisa menyebabkan turunnya kunjungan wisman di Batam. Menurut Arief, isu-isu keamanan dan demo mesti dikelola dengan baik agar tak memengaruhi kunjungan wisman.

Baca: Ambil Nomor Antrean Urus Paspor Ternyata Masih Manual. Ini Dampaknya Bagi Pemohon

Baca: Jumlah Pemohon Paspor Lewat WhatsApp Lebihi 2.000 Pemohon, Ini Kata Imigrasi Batam

Baca: Ini Alasan Orangtua Rela Antre Sejak Subuh Agar Anaknya Bisa Sekolah di SMAN 5 Sagulung

"Tak perlu demo. Ini tak akan menyejahterakan banyak pihak, merugikan terlalu banyak pihak," tambahnya.

Badan Pusat Statistik mencatat bahwa ada penurunan kunjungan wisman asal Singapura pada bulan Mei 2017 dibandingkan bulan Mei tahun lalu atau bulan April 2017.

Bulan Mei tahun 2017, jumlah kunjungan wisman yang masuk melalui pintu Batam sebanyak 112.333 orang. Sementara pada bulan Mei tahun lalu sebanyak 132.410 orang dan bulan April 2017 sebanyak 134.218 orang.

Adapun isu-isu negatif terkait keamanan di Indonesia salah satunya ledakan bom yang terjadi di sekitar Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu (24/5) malam. Ledakan tersebut mengakibatkan korban tewas dan luka-luka baik dari pihak sipil maupun polisi. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kontan.co.id dengan judul : Wisman di Batam turun karena isu keamanan

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved