TribunBatam/

Mellennial

Jangan Buang Sepatu Kusam Kamu! Begini Cara Membuatnya Kinclong Lagi

Jika sepatu dan tas kesayangan kamu menguning atau bahkan berjamur itu karena perawatan dan pembersihan yang salah.

Jangan Buang Sepatu Kusam Kamu! Begini Cara Membuatnya Kinclong Lagi
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

SEPATU dan tas kesayangan yang sudah mulai kusam, kotor, menguning, atau bahkan sudah berjamur tentu membuat risih kan, guys?

Apalagi sepatu tersebut adalah sepatu yang menyimpan memori dan berkesan khusus bagi kamu. Sepatu dan tas kesayangan,biasanya mendapat penjagaan dan perawatan yang spesial juga agar awet sehingga bisa sering-sering dipakai.

Jika sepatu dan tas kesayangan kamu menguning atau bahkan berjamur itu karena perawatan dan pembersihan yang salah.

So, kalau kamu ingin kedua benda itu tetap cantik dan senantiasa bisa menemani hari-harimu, kamu perlu tahu cara membersihkan dan merawatnya.

Menurut Arie Purnama, pemilik @ariepaxshop yang sudah lama menyediakan jasa perawatan tas dan sepatu mengatakan, berjamurnya tas dan sepatu itu karena penyimpanan yang tidak baik atau berada di tempat yang lembab. Sementara, barang yang menguning dan mengusam karena pembersihannya yang salah.

Arie juga menjelaskan, masalah yang banyak dihadapi pemilik sepatu ada pada bagian mid solnya. Mid sol yang menguning dikarenakan terlalu kotor sehingga sulit untuk dibersihkan.

“Bisa pula karena karena kurang perawatan dan salah perawatan,”kata Arie yang membuka usaha di Batam Centre dan Bengkong,

Jika warna sepatu sudah tidak sedap dipandang, jangan buru-buru dibuang karena bisa dilakukan pengecatan ulang atau repaint or recolor.

Namun, pengecatan ulang ini hanya untuk sepati bahan kulit. Repaint bisa membantu Mellennials untuk menutup noda yang membandel, atau ingin mencoba style lain dengan warna sepatu yang berbeda. 

Selain masalah menguning dan berjamur, sepatu juga kerap mengeluarkan aroma tidak sedap. Ini bisa dikarenakan dua hal yaitu sepatu yang masih lembab saat dipakai atau karena kaki yang tidak dirawat sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jadi bukan hanya kebersihan sepatu saja tetapi perlu adanya kebersihan diri juga Mellennials.

Penyebab kaki bau juga bisa dikarenakan pemotongan kuku yang terlalu dalam sehingga jari membengkak dan terasa sakit. Sebaliknya, kuku yang terlalu panjang juga tidak baik. Selain itu, penggunaan kaus kaki yang masih lembab atau tidak menyerap keringat juga bisa mengakibatkan kaki bau. (*)

Tips Merawat Sepatu & Tas Agar Awet

1. Saat membersihkan sepatu dan tas, pakailah sikat khusus yang berbulu halus, handuk micro fiber, dan sabun khusus sepatu.
2. Kurangi penggunaan air terlalu banyak agar sepatu dan tas tidak terlalu lama basah atau lembab.
3. Hindari pemakaian sabun cuci baju untuk mencuci sepatu.
4. Untuk tas dan sepatu yang berbahan kulit bisa menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan dan mengilatkannya.
5. Usahakan cuci sepatu pada bagian kotornya saja.
6. Jemur sepatu di bawah teri matahari, agar benar-benar kering setelah dicuci atau bisa menggunakan hair dryer dalam proses pengeringan.
7. Simpan sepatu dalam keadaan terbuka dan tidak lembab. Jika simpan sepatu di dalam lemari, pastikan suhunya tidak lembab.
8. Berikan silica gel agar sepatu dan tas tidak bau atau pun berjamur
9 Setelah menggunakan sepatu, diamkan atau anginkan sepatu terlebih dahulu karena biasanya sepatu setelah digunakan akan lembab. Pastikan sepatu benar-benar kering barulah disimpan. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help