Antisipasi Kejahatan Digital Banking, Perbankan Mulai Lakukan Ini

Saat ini bank sudah mempunyai beberapa skenario penanganan risiko yang mungkin muncul terkait digital banking.

Antisipasi Kejahatan Digital Banking, Perbankan Mulai Lakukan Ini
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah bank besar sudah melakukan antisipasi terkait risiko yang mungkin terjadi dengan digital banking. Salah satunya, langkah pencegahan malware yang mungkin bisa merusak sistem transaksi perbankan.

Menurut Santoso Liem, Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), saat ini bank sudah mempunyai beberapa skenario penanganan risiko yang mungkin muncul terkait digital banking.

“Kami mempunyai tim khusus yang terus melakukan evaluasi perkembangan terkini mengenai teknik fraud,” ujar Santoso kepada KONTAN, Kamis (6/7/2017).

Bank berkode emiten BBCA ini mengedepankan upaya intensif untuk menjaga performa digital banking dan meningkatkan kepercayaan nasabah.

Salah satu risiko layanan digital banking ini pernah dialami PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) baru-baru ini, di mana nasabah kesulitan untuk melakukan transaksi.

Baca: Divonis Penjara 3,5 Tahun, Choel Mallarangeng : Saya Ikhlas Jalani Hukuman

Baca: Ratusan Penumpang Siap Take Off, Pesawat China Airlines Mendadak Diselimuti Asap

Baca: Sebelum Meledak, Penghuni Rumah Menyiram Tabung Bocor Pakai Air

Menurut Indra Utoyo, Direktur BRI, penyebab hal tersebut adalah karena pemadaman aliran listik PLN sehingga sistem sempat mengalami down. “Sehingga perlu recovery baik sistem maupun aplikasi,” ujar Indra kepada KONTAN, Kamis (6/7/2017).

Lani Darmawan, Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk menambahkan bank selalu melakukan pembaharuan sistem keamanan secara berkelanjutan.

“Termasuk sistem monitoring sebagai bagian dari investasi digital,” ujar Lani kepada KONTAN, Kamis (6/7/2017). Bank berkode emiten BNGA ini juga terus melakukan edukasi ke nasabah sehingga tercipta kesamaan pandangan mengenai penanganan fraud. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kontan.co.id dengan judul : Bank antisipasi risiko digital banking

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help