TribunBatam/

Public Service

Karyawan Harian Alami Kecelakaan Kerja Malah Disuruh Pulang

Kenapa karyawan harian tidak ditangani di saat kecelakaan kerja, malah disuruh pulang saja?

Karyawan Harian Alami Kecelakaan Kerja Malah Disuruh Pulang
TRIBUNPEKANBARU
BPJS Ketenagakerjaan 

SELAMAT pagi Tribun Batam. Mohon tanggapannya. Kenapa karyawan harian tidak ditangani di saat kecelakaan kerja, malah disuruh pulang saja? Sebenarnya, bagaimana kewajiban perusahaan jika terjadi seperti itu? Terimakasih.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya. Dalam suatu pekerjaan khususnya di perusahaan, seharusnya saudara didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Walaupun saudara hanya karyawan harian, perusahaan tetap wajib mendaftarkan karyawannya karena sudah ada aturannya.

Karena saudara sudah dipekerjakan oleh perusahaan berstatus sebagai karyawan harian, otomatis apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan kerja di perusahaan tempat saudara bekerja, perusahaan harus bertanggung jawab dengan membawa saudara berobat dengan memberikan pelayanan menggunakan BPJS ketenaga kerjaan tersebut.

Namun jika saudara tidak didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan tiba-tiba mengalami kecelakaan kerja namun perusahaan tidak bertanggungjawab, saudara bisa langsung melaporkan ke bidang pengawasan ketenagakerjaan yang sekarang ini di bawah Provinsi.

Namun demikian, Anda juga bisa menemui perwakilannya di kantor Disnaker Batam yang beralamat di Jalan Kartini I No. 29-30, Sungai Harapan, Sekupang.

Sekian jawaban dari kami semoga dapat bermanfaat bagi saudara.

Rudi Sakyakirti

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help