TribunBatam/

Mellennial

Tai Chi, Olahraga untuk Kesehatan dan Awet Muda

Para peserta tai chi tidak harus mengeluarkan tenaga banyak tetapi tetap mendapatkan manfaat yang besar.

Tai Chi, Olahraga untuk Kesehatan dan Awet Muda
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

OLAHRAGA bukan hanya sekadar menyehatkan fisik, tetapi juga berfungsi untuk mencegah bahkan mengusir penyakit dari tubuh.

Begitu pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari, tidak mengherankan sejak lama dikembangkan beragam macam olah jasmani yang menyehatkan mulai dari yang berat sampai yang ringan.

Satu jenis olahraga ringan yang bisa diikuti para Mellennials adalah tai chi. Para peserta tai chi tidak harus mengeluarkan tenaga banyak tetapi tetap mendapatkan manfaat yang besar.

Tai chi adalah sejenis seni bela diri dan mampu menghilangkan serta mencegah berbagai macam penyakit. Sebab itu olahraga ini juga disebut dengan istilah tai chi chi kung.

"Dalam tai chi ini intinya pernapasan dan gerakan tubuh yang teratur. Gerakan yang teratur karena mengikuti irama musik yang memang khusus untuk tai chi," ujar Hertinus Chung, penasihat ADYTI (Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia) Kepri.

Olahraga tai chi berasal dari Cina dan sudah berkembang di Indonesia sejak zaman orde baru. Karena olahraga ini tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi sekaligus bisa membuat awet muda, membuat tai chi terus eksis di dunia olahraga.

Gerakan tai chi yang lebih ke pernapasan membuat oksigen yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak. Hertinus mengungkapkan, biasanya oksigen yang masuk ke dalam tubuh sekitar 50-60 persen saja, tetapi saat menggerakan tubuh sesuai dengan sistem tai chi maka oksigen yang masuk ke tubuh dan sel-sel darah merah bisa mencapai 80-90 persen.

Saat melakukan tai chi, tambahnya, keringat yang dikeluarkan berasa tawar karena tenaga yang dikeluarkan bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam.

Tidak hanya itu, tai chi juga melatih keseimbangan, kesabaran, ketenangan, serta dapat membuat tetap bugar walaupun sudah lanjut usia. Penyebabnya, karena oksigen yang masuk ke dalam sel darah merah lebih banyak dari biasanya.

Tai chi merupakan olahraga yang hampir sama dengan wu shu. Bedanya, tai chi gerakannya lebih lambat dibandingkan wu shu. Gerakan tai chi juga diadopsi langsung dari asalnya yaitu Cina.

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help