TribunBatam/

Mellennial

Kalau Suka Nggak Harus Pacaran Kan?

Hal paling utama yang harus dijaga dan harus dijauhi dari pacaran adalah seks bebas.

Kalau Suka Nggak Harus Pacaran Kan?
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

PACARAN, sepertinya sudah menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari Z Generation (generasi Z).

Ketertarikan dengan lawan jenis adalah hal yang sangat normal antara lelaki dengan perempuan. Di samping itu, perasaan cinta dan sayang kepada lawan jenis menjadi salah satu kodrat dasar manusia.

Namun, para Mellennials, kamu-kamu kudu hati-hati dengan pacaran agar tidak terjerumus ke hal yang negatif apalagi sampai melakoni pergaulan bebas. Pacaran sih boleh saja, namun harus bisa mengaturnya secara sehat.

Hal paling utama yang harus dijaga dan harus dijauhi dari pacaran adalah seks bebas. Ini terjadi karena kurangnya kontrol dari diri sendiri dan biasanya bermula dari kontak fisik saat berpacaran.

"Remaja yang sudah mulai mengalami puber biasanya sudah mulai mengenal lawan jenis dan mulai adanya ketertarikan dengan lawan jenis,"ungkap Dinuriza Lauzi, M.Psi, psikolog pratisi dan psikolog LPSK, Rabu (6/7/2017).

Dinuriza menambahkan, jika di masa puber, pacaran karena adanya ketertarikan lawan jenis perempuan melihat lelaki, ataupun sebaliknya, namun, saat berusia 20-an atau dewasa awal, pacaran bukan lagi karena lawan jenis tetapi sudah melihat jauh kedepan yaitu mencari teman hidup.

Guys, suka dengan lawan jenis bukan berarti harus dengan pacaran ya! Tetapi lawan jenis bisa dijadikan sahabat dan tanpa harus adanya kontak fisik apalagi bersentuhan pula. Teman laki-laki atau perempuan yang kamu suka bisa diajak melakukan kegiatan positif secara bersama-sama dengan teman-teman lainnya.

"Proses tidak akan mengkhianati hasilnya, jika kita bisa menjaga apa yang dipunya, menjaga diri dengan baik maka ke depan kita juga akam mendapatkan pasangan yang terbaik pula," tambah Dinuriza.

Kamu yang sudah terlanjur berpacaran, jangan sampai terjerumus dalam hal yang akan merusak masa depanmu. Ibarat kata,”Barang yang antik tentu mahal harganya, berbeda dengan barang banyak di pasaran”.

Dinuriza juga mengungkapkan, agar kamu bisa menjadi barang yang mahal harganya maka perlu menentukan sejak dini seberapa bernilai dan berharganya dirimu. (*)

Tips Pacaran Sehat

1. Jangan cepat terbawa perasaan dan kegeeran. Apalagi bagi perempuan, lawan jenis yang memberikan perhatian jangan ditanggap berlebihan. Bersikap biasa dan santai saja dalam menghadapinya.
2. Ingat, kamu mau jadi barang berharga murah atau mahal dan kamu ingin dianggap barang KW (asli tapi palsu) atau barang original?
3. Tunda kesenangan yang ingin kamu dapatkan dari pacaran dan tunggulah sampai orang yang kamu sukai benar-benar halal bagimu.
4. Kamu yang sudah berpacaran, janganlah membandingkan dia yang tengah dekat dengan kamu sekarang dengan mantan-mantanmu yang sudah lewat.
5. Belajar dan melatih kontrol diri sehingga terhindar dari hal-hal yang menjerumuskan.
6. Lakukan kegiatan positif bersama, dengan mengajak teman-teman lainnya yang mempunyai kegiatan sama dengan kamu. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help