Mau Nikah pun Bisa di Mal. Tunggu Saja Mal Pelayanan Publik yang Diresmikan November

Nanti akan dibuat seperti mal betulan. Ada tempat main anak, Ibu-ibu bisa makan dan minum. Lantai 1 untuk perizinan semua

Mau Nikah pun Bisa di Mal. Tunggu Saja Mal Pelayanan Publik yang Diresmikan November
tribunnews batam/anne maria
Wali Kota Batam Rudi, (baju putih) di BPM-PTSP Batam Centre. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Mal Pelayanan Publik di Kota Batam ditargetkan mulai beroperasi November mendatang.

Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan, peresmian mal pelayanan publik ini rencananya dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Batam merupakan proyek percontohan mal pelayanan publik di Indonesia yang digagas oleh kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi.

"Nanti akan dibuat seperti mal betulan. Ada tempat main anak, Ibu-ibu bisa makan dan minum. Lantai 1 untuk perizinan semua," kata Rudi dalam acara silaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Sekupang di Tiban Indah, Rabu (5/7/2017) malam.

Mal pelayanan publik ini akan dibuat di Sumatera Promotion Centre atau Sumatera Expo di Batam Centre.

Gedung tiga lantai tersebut saat ini difungsikan sebagai layanan perizinan terpadu satu pintu Pemko dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Ke depannya, tak hanya untuk dua institusi pemerintah tersebut, tapi juga akan diisi oleh instansi lain, seperti kepolisian, kementerian agama, Imigrasi dan sebagainya.

"Yang mau nikah, urusnya ke sana juga nantinya," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengatakan, instansi vertikal lain yang akan mengisi mal ini seperti Badan Pertanahan Nasional, Imigrasi, Samsat.

"SIUP TDP, KTP, paspor, surat nikah, sertifikat lahan, pajak, semua di situ. Cukup datang ke satu gedung, selesai urusannya di situ semua," kata Asman.

Saat ini, Kementerian PAN-RB sedang mendesain pola pengelolaannya. Nantinya akan ada satu institusi atau lembaga yang ditunjuk sebagai pengelola.

Dan ini akan menjadi model atau standar nasional. Sehingga ke depannya tiap provinsi ditargetkan memiliki satu mal pelayanan publik.

Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved