TribunBatam/

Mellennial

Kalian Gamers? Jangan Lewatkan Serunya MOBA Ciptakan Hero Sendiri

Para gamers, tentu saja tidak akan melewatkan game-game terbaru yang lebih menantang.

Kalian Gamers? Jangan Lewatkan Serunya MOBA Ciptakan Hero Sendiri
TRIBUN BATAM/ANDRIANI
Mellennial 

PARA kreator game memang senantiasa memberikan permainan yang menantang dan tidak ada habisnya.

Berbagai jenis game baru bermunculan di aplikasi play store. Pengguna gadget hanya perlu mengunduh dan memainkannya. Para gamers, tentu saja tidak akan melewatkan game-game terbaru yang lebih menantang.

Satu di antara game baru yang diluncurkan adalah MOBA (Multi Player Online Battle Arena). MOBA langsung mendapat tempat di hati para gamers dengan bukti sejak Juni 2017, telah diunduh sebanyak 10 juta kali pada aplikasi play store. Dalam waktu singkat, game ini sudah masuk rating game yang tengah tren.

Menurut Randi Perdana Arman, gamers Batam dari Mobile Arena, MOBA sama seperti DOTA tetapi ini versi mobile.

“Ini yang paling seru karena kita tidak perlu buka laptop atau pc lagi," ungkapnya, Kamis (6/7/2017)

Diakuinya, game ini lebih simpel dibandingkan dengan DOTA. Selain bisa bermain menggunakan smart phone, tombol skill juga tidak terlalu banyak. Selain itu, petanya pun juga tidak terlalu luas.

“Sama layaknya dengan DOTA, bahwa akan ada tokoh-tokoh hero yang diperankan tetapi untuk game ini, tokoh hero lebih mudah dipelajari. Dari estimasi waktu main pun juga tidak terlalu lama berkisar antara 10-30 menit. Berbeda dengan DOTA yang bisa menghabiskan waktu hingga satu jam lamanya,”jelas Randi.

Pada MOBA, bisa dimainkan secara tim. Mobile arena sendiri membentuk satu tim. Dalam satu tim terdiri atas lima orang atau lima hero.

Anggota satu tim bisa datang dari mana saja dan tidak mesti satu daerah, melainkan bisa yang datang dari daerah lain tetapi masih dalam lingkup Indonesia. Sebab, server mobile arena berada di Indonesia. Dari game ini berasal dari indonesia yaitu Dr. Garena Indonesia

"Untuk mendapatkan anggota dalam satu tim biasanya ditentukan oleh sistemnya. Tapi bisa pula dari list friend jadi kita add friend, lalu masuk ke list friend. Kalau bersama teman-teman kita, namanya party,"tambahnya.

Untuk mobile arena, item yang dimiliki tidak dapat dijual tetapi akun yang dimiliki bisa dijual dengan kisaran harga Rp200 ribu sampai Rp500 ribu. Selain itu, untuk mendapatkan keuntungan lebih bisa dengan menjual voucher top up cash, yang didapat dari supplier. Harga voucher dimulai dari Rp10 ribu sampai Rp100 ribu.

Sama dengan game DOTA, setiap tim bertaruh untuk menghancurkan benteng lawan untuk menaikan level sekaligus mendapatkan poin. Lawan-lawan dari tim lain akan ditentukan oleh server dan disesuaikan dengan skil masing-masing tim.

Peraturan dalam bermain mobile arena yang terpenting adalah tidak meninggalkan game begitu saja, karena secara langsung poin akan dikurangi. Selain itu, karena game ini mobile, maka diperlukan jaringan data yang kuat agar saat bermain game tidak tersendat-sendat. (*)

Tips Bermain MOBA

1. Download game di play store dengan nama "mobile arena"
2. Pilih hero sesuai role game
3. Find match untuk mencari lawan yang sesuai dengan kemampuan dan sistem.
4. Farming lalu cari "gold" agar bisa membeli item dan hero yang dimiliki semakin kuat.
5. Jika hero sudah layak dan kuat dengan item yang dimiliki, barulah bisa meyerang benteng atau tower. (*)

Tags
seni
games
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help