Pemko Batam Terapkan Retribusi Sampah Online, Biar Uang Pungutan Tak Hilang!

Pemko Batam Terapkan Retribusi Sampah Online, Biar Uang Pungutan Tak Hilang!

Pemko Batam Terapkan Retribusi Sampah Online, Biar Uang Pungutan Tak Hilang!
tribunbatam/elhadif putra
Ilustrasi. Warga berada di dekat tong sampah lima warna 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM-Retribusi sampah di Kota Batam akan menerapkan sistem online kedepannya. Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menjawab permintaan warga, agar dalam pungutan retribusi sampah melibatkan Rt/ Rw setempat.

Baca: Aduh! Trump Kegeeran, Lambaikan Tangan Dengar Tepukan Kencang. Ternyata buat Presiden Prancis!

Baca: Ngeri! Piknik ke Pulau Kematian, Turis Cantik Belgia Tewas di Koh Tao. Tubuhnya Dimakan Kadal!

Baca: Terungkap! Beginilah Cara Industri Singapura Akali Batam! Kepala BI Kepri Blak-blakan!

Baca: Mengejutkan! Inilah Manfaat Ciuman bagi Kesehatan Anda! Nomor 2 dan 6 Menggembirakan!

"Kami apresiasi spirit Rt/ Rw supaya ada kombinasi yang luar biasa. Tapi agak sulit kalau Rt/ Rw dilibatkan," kata Amsakar saat halal bihalal dengan masyarakat di Kecamatan Batuampar, Jumat (7/7) malam.

Dikatakan, sesuai aturan untuk penarikan retribusi daerah memang hanya orang-orang tertentu yang diberi amanah. Mereka yang memungut juga mesti berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Jadi memang agak payahlah," ujar dia.

Amsakar lantas mengaitkannya dengan perintah dari pusat untuk menerapkan sistem transaksi non tunai. Kebijakan tersebut ditegaskan tidak hanya berlaku untuk belanja daerah, tetapi juga menyangkut soal pendapatan.

Sehingga kedepan, untuk pungutan retribusi sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam akan menerapkan sistem online. Hal itu untuk meminimalisir potential lost dari uang retribusi sampah.

"Mudah-mudahan bisa menekan uang yang hilang," kata Amsakar.

Saat ini DLH sedang merancang aplikasi untuk retribusi sampah online dengan pihak ketiga. Begitupun Dinas Perhubungan. Amsakar mengatakan, saat ini Dishub juga sedang merancang aplikasi untuk parkir online dengan pihak ketiga.

"Ada wacana untuk memulai transaksi non tunai di retribusi kebersihan, Pak Dendi. Pak Yusfa juga begitu untuk parkir," ujar dia.

Sebelumnya, terhitung 1 Juni 2017 lalu, Pemerintah Kota Batam sudah menerapkan pemberlakuan transaksi sistem non tunai di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menyusul sejumlah OPD lainnya pada September mendatang. Itu sebagaimana perintah dari Presiden RI, Joko Widodo, tertanggal 1 Januari 2018, semua transaksi di Pemerintah Daerah sudah menggunakan sistem non tunai. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved