Hatanto Belum Punya Solusi Gairahkan Industri Galangan Kapal di Batam: Jumlahnya Saja Saya Tak Tahu

Kepala Badan Pengawasan (BP) Batam Hatanto Reksodipoetro mengaku belum bisa berkomentar banyak terkait kelesuan industri perkapalan di Batam

Hatanto Belum Punya Solusi Gairahkan Industri Galangan Kapal di Batam: Jumlahnya Saja Saya Tak Tahu
Tribun Batam/Ian Sitanggang
Suasana peluncuran kapal MT Zaleha di PT bandar Abadi Tanjunguncang, Rabu (12/7/2017). 

Laporan Tribun Batam Ian Sitanggang

BATAM TRIBUNNEWS.COM BATAM - Kepala Badan Pengawasan (BP) Batam Hatanto Reksodipoetro mengaku belum bisa berkomentar banyak terkait kelesuan industri perkapalan di Batam.

Hatanto juga mengaku belum memiliki strategi industri yang saat ini mati suri dan menjadi salah satu pemicu anjloknya pertumbuhan ekonomi daerah ini.

Di sela-sela launching kapal tanker MT Zaleha di PT Bandar Abadi, Hantanto tidak bisa memberikan komentara apa solusi yang akan diambil oleh Bp Batam, untuk membangkitkan kembali geliat industri kaal di Batam.

"Kalau ditanya solusi apa, kita belum tahu. Saat ini kita sedang bentuk tim, baik BP Batam dan Pemko Batam, untuk mencari tahu apa sebenarnya permasalahan yang membuat galangan kapal lesu di Batam," katanya di sela-sela peluncuran kapal MT Zaleha di PT Bandar Abadi Tanjunguncang, Rabu (12/7/2017).

Baca: Karya Anak Bangsa. Kurang dari Satu Tahun, Kapal Tanker MT Zaleha Selesai Dikerjakan

Baca: Hari Ini, MT Zaleha yang Berkapasitas Muatan 1.500 Ton Diluncurkan

Bahkan, kata Hatanto, dirinya tidak tahu, berapa sebenarnya jumlah perusahaan galangan kapal yang ada saat ini.

"Jangankan kelesuaan galangan kapal, jumlah perusahaan galangan kapal di Batam sampai saat ini kita tidak tahu. Data sampai saat ini masih simpang siur, ada yang bilang segini, segitu. Jadi, ini yang sedang kita cari tahu dulu," kata Hatanto.

Dia mengatakan, dirinya akan mencari tahu dulu kepada perusahaan galangan kapal yang masih aktif dan berproduksi, bagaimana cara mereka bertahan dalam situasi bisnis perkapalan yang lesu ini,.

"Nah, ini kebetulan ada launching kapal, jadi saya akan sharing sama mereka, bagaimana cara mereka bisa mendapatkan order dan masih berproduksi sampai saat ini," kata Hatanto.

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help