TribunBatam/

Mustika Rasa

Lezatnya Sarden Berpadu Asam Laksa

Keistimewaan laksa ini, kuahnya tidak menggunakan santan tetapi air. Lalu, terdapat potongan-potongan ikan sarden di atasnya.

Lezatnya Sarden Berpadu Asam Laksa
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
Mustika Rasa 

MASYARAKAT Melayu Kepulauan Riau (Kepri), tentu tidak asing dengan yang namanya mi laksa. Mi ini terbuat dari bahan baku sagu. Sebab itusering pula disebut dengan mi sagu.

Cara pengolahan mi laksa ini pun sudah sangat beragam. Salah satu pengolahan laksa secara spesial dihadirkan oleh Outlet D'Laksa di Nagoya Hill, Batam.

Laksa yang dijual merupakan olahan khas dari Negeri Jiran, Malaysia. Makanan yang biasanya hanya dapat dijumpai di Malaysia, kini sudah dinikmati di Batam.

Keistimewaan laksa ini, menurut Yensi, chef Dlaksa, kuahnya tidak menggunakan santan tetapi air. Lalu, terdapat potongan-potongan ikan sarden di atasnya.

“Dan semua bahan diimpor langsung dari Malaysia," kata Yensi pada Tribun, Selasa (11/7).
Laksa ini dihidangkan bersama kuah yang asam. Karena rasa kuahnya yang asam bercampur manis, makanan ini disebut asam laksa.

Rasa asam berasal dari bumbu dan potongan nanas yang ada pada laksa tersebut. Saat disantab, ada tambahan potongan timun dan ikan sarden plus cabai rawit di dalamnya.

Selain bisa menikmati asam laksa, di outlet ini terdapat menu berkuah lainnya yakni asam fish ball atau bakso ikan. Bakso yang dihidangkan bersama kuah yang berasa asam dan segar, terlebih dahulu digoreng.

Hal lain yang membedakan hidangan laksa di sini dibanding tempat lain adalah wadahnya. Laksa dinikmati dalam sebuah mangkuk mi instan atau cup instant sekali pakai. Sehingga lebih simpel dan mudah dibawa kemana-kemana.

D'laksa kini hanya ada di tiga negara yaitu Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Indonesia, juga baru ada di Batam. D'laksa terletak di deretan food street Nagoya Hill blok RM GR X09. Dibuka setiap hari pukul 10.00 - 21.45 WIB. Untuk harga asam laksa Rp28 ribu dan asam fish ball Rp20 ribu.

Anda pun bisa membuat sendiri asam laksa spesial ini dengan mengikuti resep ala chef D’laksa. (ani)

Bahan Laksa
250 gram mie sagu atau laksa
25 gram potongan timun
25 gram potongan nanas
10 gram irisan bawang merah
Daun selada secukupnya

Bahan Kuah
100 gram daging ikan sarden
100 gram bawang merah giling
100 gram bawang putih giling
10 gram serai giling
50 gram jahe giling
25 gram lengkuas giling
25 gram cabai merah giling
25 gram asam jawa
Air secukupnya
Gula secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat
1. Rebus ikan sarden terlebih dahulu hingga matang. Giling ikan secara kasar. Sisihkan
2. Rebus air dan masukkan semua bahan kuah asam laksa yang sudah dihaluskan. Masak hingga mendidih
3. Masukkan gilingan ikan sarden ke dalam kuah. Lalu masukkan air, asam jawa, garam, dan gula. Aduk rata sebentar sekitar tiga menit. Matikan api.
4. Rendam mi laksa atau mi sagu dengan air dingin atau air hangat hingga mie sagu lembut dan tiriskan
5. Siapkan mangkuk, masukkan mi laksa, potongan nanas, timun, bawang merah, dan daun selada. 6. Tuang kuah asam secukupnya ke dalam mangkuk dan sajikan selagi hangat. (*)

Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help