Puskesmas Sei Jang Terakreditasi Utama, Pelayanan ke Pasien Langsung Berubah?

Puskesmas Sei Jang Terakreditasi Utama, Pelayanan ke Pasien Langsung Berubah?

Puskesmas Sei Jang Terakreditasi Utama, Pelayanan ke Pasien Langsung Berubah?
Tribunbatam/M Ikhwan
Ilustrasi. Susana arus lalulintas di depan Puskesmas Batu 10 Tanjungpinang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG-Puskesmas Sei Jang, Kota Tanjungpinang lolos akreditasi nasional dari Kementrian Kesehatan. Puskesmas tersebut mendapatkan status akreditasi Utama.

Baca: Heboh! Ditanya Netizen Pernah Nonton Video Ariel-Cut Tari, Sophia Latjuba Ngamuk!

Baca: Heboh Lagu Despacito, Awasi Anak Anda! Inilah Lirik Yang Bikin Ibu-ibu Senewen!

Baca: Mengejutkan! Inilah 10 Kepribadian Wanita Menurut Bentuk Bibirnya. Mana Pilihan Anda?

Baca: VIDEO: Kuitansi Tiket Kapal Ditolak, Penumpang Teriak-teriak Adu Mulut Dengan Petugas Syahbandar

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungpinang Rustam menjelaskan status akreditasi tersebut diperoleh setelah pihaknya terlebih dahulu mengusulkan ke Kementrian Kesehatan. Barulan pihak Kementrian Kesehatan melalui Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melakukan penilaian.

"Jadi Puskesmas Sei Jang satu-satunya Puskesmas di Provinsi Kepri yang saat ini telah memperoleh status akreditasi Utama," katanya, Rabu (12/7).

Predikat yang disandang ini lebih tinggi dari Puskesmas Batu 10 yang sebelumnya juga sudah terakreditasi Madya. Padahal memang dari sisi bangunan, Puskesmas Batu 10 lebih megah.

Namun penilaian tidak hanya dari sisi fisik saja. Melainkan juga managemen puskesmas, upaya kesehatan perorangan dan masyarakat dan kemudian harus dibuktikan dengan dokumentasi, sisitem dan prosedur.

Dengan keluarnya akreditasi tersebut, maka sampai saat ini tiga puskesmas di Kota Tanjungpinang sudah terakreditasi. Yakni Puskesmas Sei Jang, Puskesmas Batu 10 dan Puskesmas Pancur yang terakreditasi dasar.

"Malam ini kita kembali kedatangan tim akreditasi FKTP. Mereka akan melakukan penilaian terhadap puskesmas Kampung Bugis yang sudah kita usulkan," katanya.

Dia berharap kedepan dengan terakreditasi ini, pelayanan Puskesmas di Kota Tanjungpinang ke depannya akan lebih baik. "Ini adalah langkah awal menuju status akreditasi paripurna yang menjadi dambaan kita.

Menurutnya, dengan adanya akreditasi tersebut maka kualitas pelayanan Puskesmas telah mendapat pengakuan dari pihak eksternal bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan secara nasional.

Puskesmas yang telah terakreditasi juga akan memiliki keunggulan kompetitif di banding puskesmas yang belum terakreditasi. Utamanya dibidang kualitas pelayanan yang diberikan.

Selain puskesmas tersebut, Dinkes juga sudah mengajukan beberapa puskesmas lainnya untuk dinilai oleh tin Akreditasi FKTP yakni Puskesmas Mekar Baru dan Puskesmas Melayu Kota Piring. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved