TribunBatam/
Home »

News

» Sains

Sebaiknya Anda Tahu

Dahsyat! Setiap Ulat Makan Tanaman Ini Mendadak Jadi Suka Makan Ulat Lainnya!

Dahsyat! Setiap Ulat Makan Tanaman Ini Mendadak Jadi Suka Makan Ulat Lainnya!

Dahsyat! Setiap Ulat Makan Tanaman Ini Mendadak Jadi Suka Makan Ulat Lainnya!
University of Wisconsin-Madison
Kanibalisme yang terjadi dalam eksperimen John Orrock 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Jangan pernah anggap remeh tanaman. Walaupun terkesan tidak bisa apa-apa, daya tahan tanaman ternyata sangat dahsyat dan mampu membuat ulat menjadi kanibal.

Hal ini diungkapkan oleh studi terbaru dalam jurnal Nature Ecology and Evolution. Para peneliti menemukan bahwa ketika merasa diserang, beberapa tanaman akan mengeluarkan senyawa yang membuat daun terasa tidak enak dan memaksa herbivora untuk memakan sesamanya.

Baca: Terungkap! Inilah 5 Fakta Mengejutkan Lagu Despacito, Nomor 2 Bikin Merem-Melek!

Baca: Heboh! Ditanya Netizen Pernah Nonton Video Ariel-Cut Tari, Sophia Latjuba Ngamuk!

Baca: Mengejutkan! Inilah 10 Kepribadian Wanita Menurut Bentuk Bibirnya. Mana Pilihan Anda?

Baca: Viral! Benarkah Korban Letusan Vesuvius Ini Sedang Masturbasi? Lihat Baik-baik Lagi!

John Orrock, penulis studi dan peneliti dari Department of Zoology, University of Winconsin-Madison, mengatakan kepada National Geographic 11 Juli 2017, tanaman bisa melindungi dirinya sendiri dengan membuat herbivora stres sampai memilih memakan sesamanya daripada harus memakan tanaman tersebut.

Untuk membuktikan hal ini, Orrock dan koleganya melakukan sebuah eksperimen di mana mereka menyemprot tanaman tomat dengan senyawa methyl jasmonate yang sebenarnya dapat diproduksi secara alami oleh tanaman.

Senyawa tersebut memberikan peringatan kepada tanaman dan komunitas di sekitarnya bahwa mereka sedang dalam bahaya dan mendorong produksi methyl jasmonate. Sebagai respons terhadap senyawa tersebut, tanaman juga akan mengubah komposisi kimianya agar terasa tidak enak bagi herbivora.

Namun, yang paling mengerikan dari efek methyl jasmonate bukan hanya rasa tanamannya saja. Orrock berkata bahwa senyawa tersebut bisa menarik perhatian predator dan parasit yang memakan herbivora.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help