TribunBatam/

Penjualan Sepeda Motor Terus Menurun, Produsen Incar Pasar Luar Jawa

Bulan Juni lalu, penjualan sepeda motor tercatat hanya tercatat 379.467 unit Jumlah ini turun 28% dibandingkan bulan Mei, yang sebanyak 531.496 unit.

Penjualan Sepeda Motor Terus Menurun, Produsen Incar Pasar Luar Jawa
Tribun Batam/Septyan Mulia Rohman
Ilustrasi sepeda motor 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga semester I tahun ini, penjualan sepeda motor tercatat cuma 2,7 juta unit. Angka ini menurun sekitar 7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang sebanyak 2,9 juta unit.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala mengatakan, tren penurunan penjualan sepeda motor sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir. "Tahun ini tampaknya belum ada tanda-tanda bisa pulih," ungkap Sigit, kepada KONTAN (12/7/2017).

Bahkan momentum Lebaran yang biasanya dapat mendongkrak penjualan, tahun ini tidak terjadi. Bulan Juni lalu, penjualan sepeda motor tercatat hanya tercatat 379.467 unit Jumlah ini turun 28% dibandingkan bulan Mei, yang sebanyak 531.496 unit.

Tak heran, buruknya kinerja penjualan ini menyebabkan AISI merevisi target penjualan. Bila pada awalnya target penjualan sepeda motor mencapai 5,9 juta unit, kini diturunkan menjadi 5,75 juta unit pada tahun ini.

Pangsa pasar sepeda motor di semester I lalu masih didominasi oleh merek Honda, yang menguasai sekitar 74% dari total penjualan. Sementara itu, urutan kedua nongkrong Yamaha dengan porsi 23%,. Menyusul Suzuki dengan penguasaan pangsa pasar 2% dan Kawasaki 1%.

Baca: Suku Bunga AS Bakal Naik, Nilai Tukar Rupiah Menguat

Baca: Gamawan Tak Tahu Jika Terima Uang Talangan? Begini Pengakuan Irman

Baca: Kunjungi Kejaksaan Agung, Pansus Hak Angket KPK Tak Bicara Soal Kasus

Melihat tren yang kurang baik ini, PT Astra Honda Motor (AHM) tidak menargetkan terlalu tinggi penjualan sepeda motor di tahun ini. "Jika semester nanti (dua) sama dengan semester satu ini, itu sudah baik," kata Ahmad Muhibbudin, Manager Corporate Communications PT Astra Honda Motor (AHM).

Meski tidak merinci, Ahmad mengatakan, penjualan sepeda motor AHM pada semester I lalu tercatat turun di kisaran 7,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Tahun ini memang berat bagi industri," katanya.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help